<

Seni Kentrung  Hampir Punah Di Jombang, Kini Digelar di Ki Purwa Heritage Festival 2024

JOMBANG – IndonesiaPos

Ki Purwa Heritage Festival (KPHF) 2024 bertekad mempersatukan seniman se Jombang dalam satu wadah festival.  Bahkan, ia pun melibatkan seniman Kentrung Mbah Badri terlibat.

Para penonton KPHF 2024 di Desa Jatiduwur, Kesamben, Jombang, pun dibuat terenyuh dan tersentuh empati ketika melihat seniman ini bermain music, lantaran ada seorang musisi yang sudah berusia 97 tahun.

Sarmini (97), istrinya musisi jadul ini tetap istiqomah memainkan musik Kentrung. Bahkan sudah jadi pelengkap pekerjaan sebagai tani dan pemilik toko pracangan ini.

Meskipun fisiknya terlihat gemetaran, namun masih terlihat kokoh dan berotot. Gepukan ketipung kendangnya masih stabil. “Gepak-gepak-gepak, dug plak.” Kuat dan keras.

Dari geliat dan aktivitas tanggapan sejak 1960-an, kini sudah menghasilkan beberapa keturunan dan menyelesaikan pendidikan anak hingga berkeluarga.

Dalam memainkan alat musik Kentrung, Badri dibantu ‘Panjak’ , yakni anak, Bindariati (64) dan keponakannya, Srikamah (56). Dua orang ini yang memberi sautan dan gending sambil memukul rebana dan ketipung kecil.

Sementara Mbah Badri, yang menjadi dalang dan mengendalikan permainan dengan pitutur dan syair cerita yang diutarakan berdialog dengan istri, yang duduk di sebelahnya sambil memukul rebana bulat berukuran separuh gendang, dengan bunyi seperti tambur alias duur atau gong.

Melihat aksi itu, penonton KPHF 2024 spontan bergerak bersama panitia, mengedarkan kotak saweran.

“Bagaimana ndak semendal di hati. Usia 97 tahun masih semangat uri uri budaya warisan leluhur. Ini pukulan buat generasi muda yang belum tahu sama sekali seni Kentrung Jombang dan apalagi memainkan dan menirukannya,”ujar Cak M Yaud, dalang wayang Topeng Tri Purwo Budoyo.

Dia menjelaskan, semua masyarakat Jombang harus peduli kepada Mbah Badri yang masih bertahan di tengah derasnya gadget dan  teknologi AI saat ini.

Sementara itu, ketua penyelenggara KPHF 2024 Isma Hakim Rahmat mengatakan, pihaknya mengaku sengaja mengundang Mbah Badri, Grup Seniman Kentrung asal Dusun Jatimenok, Desa Rejosopinggir, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, di ajang KPHF 2024 ini, agar menjadi teladan bagi generasi Wayang Topeng Tri Purwo Budoyo untuk semangat belajar dan cinta seni leluhur.

“Kebetulan beliau sepi job. Apalagi di era serbuan trend musik jaranan dan orkes, Jadi kami berusaha memberi ruang agar imbang,” ujar pria yang akrab disapa Mas Hakim ini.

Mas Hakim mengemukakan, sudah saatnya Jombang memiliki anggaran khusus untuk membina para seniman dan membangun sebuah gedung besar terpusat agar jadi pos ragam seni di Jombang.

“Setelah itu baru mendirikan museum. Karena banyak seni yang punah dan barang-barang bekasnya tak terselamatkan,”tegasnya.

Menurutnya, yang ironis di Jombang, seni Kentrung ini terancam punah karena tidak ada penerus penabuh gendang atau ketipung posisi Mbah Badri. Sambil menabuh, juga menceritakan cerita dan dialog bak dalang wayang.

Ditempat yang sama, Mbah Badri, mengaku bersyukur dan terima kasih kepada panitia KPHF 2024 yang mengundangnya. Apalagi pulangnya diberi beberapa bungkus jajanan, dan minuman lawas serta sekotak air mineral penuh uang saweran dari penonton.

“Pesan saya buat generasi muda Wayang Topeng Jati Duwur agar semangat, tidak putus asa, dan tidak mutung meski diganggu orang luar atau istilahnyaa setan setan dari luar yang berusaha memecah belah,” ujar Mbah Badri, usai acara.

Beda dengan Sarmini istrinya, dia hanya mendoakan agar semua pemain, pemilik sanggar,, panitia, pemuda, dan seluruh masyarakat agar diberi keselamatan.

“Doa saya, kalian semua selamat..selamat..selamat, selamet,” ujarnya, diamini seluruh penonton.

Kali ini Mbah Badri memainkan Kentrung dengan cerita putri cantik dan jadi rebutan pangeran. Mirip cerita Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji.

Puncak Acara di Kelurahan Kanigoro Dihibur Wayang Kulit dari Tulungagung

 

BERITA TERKINI