<

Jelang HUT RI ke-79 Warga Mulai Jual Atribut Kemerdekaan di Ruas Jalan

PAMEKASAN – IndonesiaPos

Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke-79 tahun, para pedagang menawarkan berbagai perlengkapan atribut kemerdekaan di sejumlah ruas jalan di Jalan Jokotole, kecamatan /kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur.

Barang-barang atribut kemerdekaan RI tersebut seperti halnya,bendera, gantungan kunci, dan suvenir lainnya, umbul umbul, Rabu (31/7/2024).

Penjual atribut tersebut bukanlah dari warga lokal, tetapi beberapa diantaranya berasal dari luar daerah. Salah satunya Icang 32 tahun, yang mengaku berasal dari Bandung, Jawa Barat. Ia menjual dagangan atribut tersebut di sekitar ruas jalan di Jokotole  mengaku mulai menjual  sudah 7 tahunan. Dia sudah 2 mingguan menjajakan dagangannya ini didatangkan dari Bandung.

“Sudah 7 tahun Icang menjajakan dagangan atribut kemerdekaan RI itu dan pernak pernik yang dijualnya langsung dari Bandung tak hanya itu dirinya berdagang ini baru 2 mingguan ada di kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur,”kata Icang.

Setiap tahunnya, kata Icang selalu jualan ke Madura ke Pamekasan dan Bangkalan dan paling lama berjualan di Pamekasan.

“Pernak pernik yang dijualnya tersebut dijual dengan harga yang terjangkau, mulai dari harga Rp 5.000 hingga Rp 25.000 rupiah bahkan ada yang sekitaran Rp 300.000 juga Rp 50.000,”sebutnya.

Lanjut Icang, jualan bendera ini setahun sekali saja sambil main dan merantau, karena bosen di Bandung terus. Dan berangkatnya dengan grup grup pedagang Bandung kemudian mangkal di Bangkalan dengan Pamekasan.

“Untuk di Pamekasan ia beda grup dan ini berjualan ada bosnya. Disini saya dengan bos yang baru.,”ungkapnya menambahkan.

Barang yang dijual ini berasal dari Bandung. Harganya lebih murah dibanding produksi dari daerah lain.

“Harga harganya bervariasi dan sesuai dengan atribut yang di jualnya, mulai dari gantungan kunci, souvernir dan umbul umbul umbul yang ukurannya 4meter 70 ribuan, yang lebih kecil 3meter 35 ribu, ada baground garuda 300 ribu 9 meter, yang polos 250 ribu sedangkan yang bendera biasa kisaran harga 20 hingga 70 ribu sesuai ukuran,”urainya.

“Untuk keuntungannya  masih normal normal saja, dengan  penjualan mereka akan meningkat seiring dengan makin dekatnya perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia,”pungkasnya.(Zet/Dyah)

Meriahkan HUT RI ke-78, Kelurahan Kanigoro Selenggarakan Pawai Budaya

BERITA TERKINI