<

Gapoktan Karya Tani Mandiri Kabupaten Blitar Gelar Musda, Mimilih Pengurus Baru

BLITAR, IndonesiaPos – Bertempat di Resto Joglo jalan Maluku Kelurahan Karang Tengah Kabupaten Blitar, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Karya Tani menggelar musyawarah daerah (Musda). Kamis, (18/6/2020).

Masa bhakti pengurus Gapoktan akan segera berahir, Selama 5 tahun kepengurusan sebelum purna tugas dilakukan konsolidasi dari seluruh anggota untuk menentukan pejabat baru sebagai Ketua.

Ketua Gapoktan, Mujib SM, menjelaskan Musda kali ini adalah untuk melakukan pemilihan Ketua Gapoktan periode 2020–2025, karena sesuai dengan AD/ART masa baktinya kepenggurusan saat ini sudah harus berakhir, dan setiap 5 tahun harus melakukan pemilihan.

“Pada tahapannya kami sudah membentuk Panitia Pemilihan Penggurus (PPP) yang terdiri dari Ketua, Andri dari Gapoktan Kecamatan Talun,Agus Sebagai Sekretaris dari Gapoktan Glegok dan Anggota, Ari dari Gapoktan Wonodadi. Panitia inilah yang akan melaksanakan Musda pemilihan Ketua Gapoktan Kabupaten Blitar,”Kata Mujib .

Lebih lanjut Mujib juga mengatakan dalam AD/ART Kelompok semua bisa dipilih dan bisa milih,dengan catatan harus punya kapabilitas sebagai seorang pemimpin, kredibilitas, dan sesuai mekanisme persyaratan bagi calon. Minimal berpendidikan serendah rendanya ijasah SMA sederajat.

“Untuk siapa-siapa yang bakal mencalonkan nanti tidak diatur batasan lamanya sudah berapa kali menjabat. Jadi bebas ikut berdemokrasi dalam pilihan nantinya,”ungkapnya.

Sedangkan pemilihan Ketua Gapoktan akan di laksanakan minggu depan sekaligus akan memunculkan calon calon yang akan di pilih, dan sesuai AD/ART, mereka berhak dipilih adalah semua Penggurus Gapoktan Kecamatan. “Untuk mekanisme pemilihannya sendiri masing-masing perwakilan Gapoktan Kecamatan maksimal diwakili dua orang, tetapi jika yang datang satu tetap bisa mewakili dan mempunyai hak memilih,”katanya.

Selain itu menurut Mujib yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar ini, Musda bisa di lakukan jika di hadiri 2/3 penggurus Gapoktan Kecamatan. Apabila pada Musda ini, tidak tercapai 2/3 penggurus Kecamatan maka akan di tunda, dan di beri waktu maksimal 10 hari untuk melaksanakan Musda lagi. “Jika masih juga tidak terpenuhi,Musda tetap bisa berlangsung,”ujar Mujib.

Sebagai Ketua Gapoktan saat ini Mujib, mengharapkan seperti yang sudah di sebutkan oleh Panitia pemilihan, yang bisa memimpin sebagai Ketua Gapoktan Kabupaten Blitar nanti harus sudah teruji sebagai pemimpin.

“Nah kalau sudah menjadi penggurus Gapoktan Kecamatan otomatis sudah teruji, di samping itu ada kreterianya yang harus di pilih harus yang mempunyai leandesip, kapabilitas, kapasitas sebagai pemimpin organisasi,”ucap Mujib.

Ketika di tanya, apakah dirinya masih bersedia memimpin Gapoktan Kabupaten Blitar periode 2020 – 2025?, dengan nada ringan Mujib, menjawab tergantung penyaringan di Musda yang akan datang (Minggu depan ini).”Tergantung teman teman, karena tidak ada AD/ART yang menyatakan penggurus lama tidak boleh di pilih lagi tidak ada ketentuannya,”imbuh Mujib. ( Lina)

BERITA TERKINI