<

Yasona Sapa Jajaran Kemenkumham Dari Sabang hingga ke Luar Negeri

JAKARTA,IndonesiaPos

Menteri Hukum dan HAM, Yasona H. Laoly menyapa segenap jajaran  Kementerian Hukum da HAM (kemenkumham) yang melakukan pelayanan publik bagi warga negara Indonesia. Ini bukan hanya dari Sabang sampai Merauke, namun sampai ke Lo Angeles (LA), Amerika Serikat.

Hal tersebut,tepat pada peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-76 tahun tepatnya di 30 Oktober 2021, Yasona memeriksa pelaksanaan pelayanan publik yang dilakukan oleh perwakilan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di LA.

Atase Imigrasi KJRI LA, Sigit Setyawan menyampaikan, saat ini tengah dilakukan pelayanan paspor kepada 84 nelayan Indonesia yang sedang bersandar di honolulu, Hawai, Sabtu (30/10/2021).

Sementara jumlah total WNI (Warga Negara Indonesia) yang ada di  Hawai sebanyak 625 orang,  sedangkan untuk di LA berjumlah 60.754 orang Kemenkumham melalui KJRI LA yang telah menjalin sinergi yang baik dengan pemerintah Amerika Serikat untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh WNI, tuturnya.

Tak hanya itu, Menkumham juga memberikan apresiasi kepada atase Imigrasi yang telah memberikan pelayanan paspor di Honolulu serta berpesan agar para nelayan tetap menjaga kesehatannya selama berlayar.

“Selamat bertugas, memberikan pelayan paspor bagi para nelayan Indonesia dan bagi para nelayan saya ucapkan selamat berlayar, tetap jaga kesehatan dan berhati hati, “ucap Yasona melalui teleconference pada upacara Peringatan HDKD 2021.

Di daerah Sabang, Menkumham menyapa pula kepada para jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Sabang.

Menurutnya,Sabang merupakan salah satu daerah yang rawan narkoba dari Malaysia. Yasona, berharap kepada jajaran Kemenkumham tetap menjaga integritas dan bebas dari narkoba.

“Jangan sampai tercemar dan ikut ikutan (pakai narkoba), “tegas Menkumham di Lapangan Upacara Kemenkumham.

Kemudian, Yasona menyapa para jajaran di dua Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yakni,

PLBN Mangas di Sulawesi Utara dan PLBN  Skouw di Papua.PLBN Miangas ini berbatasan dengan Negara Filipina sedangkan PLBN skouw berbatasan dengan Papua Nugini.

Meskipun pelintas batas berkurang,karena peraturan di masa pandemi Covid-19, Menkumham berharap para jajaran Kemenkumham tidak lengah dalam melakukan pengawasan. Dan Kemenkumham terus mengupayakan peningkatan pelayanan di PLBN, seperti koordinasi dengan kepolisian, angkatan laut dan pemerintah daerah. Selain itu, optimalisasi sarana pendukung seperti kualitas internet.

Menkumham melanjutkan,” perjalanan ” virtual nya menuju Selatan Indonesia yaitu, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)  Baa di Pulau Rote.

“Jangan sampai ada pelanggaran peraturan dan SOP.Meskipun tidak ada PLBN disana (Baa, Rote) namun jajaran Lapas Baa tetap lah menjalankan tugas sebagai insan Kemenkumham untuk menjaga perbatasan,”pesan Yasona.

Yang terakhir, Menkumham menuju ke Rumah Sakit Umum Pengayoman Cipinang di Jakarta. RSU Pengayoman ini merupakan Unit pelayanan kesehatan bagi narapidana, tahanan,  deteni, pegawai Kemenkumham hingga masyarakat umum.

Dengan ini, Yasona berharap dapat segera meningkatkan RSU Pengayoman dan tipe C ke tipe B,  karena dari sisi ketersediaan tempat tidur RSU Pengayoman telah memenuhi kriteria. Dan jajaran medis Kemenkumham perlu berhati hati didalam memberikan pelayanan di tengah pandemi Civid-19.

Dalam upacara peringatan HDKD 2021,Yasona didampingi Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward O. S Hiariej,  Seketaris Jenderal Andap Budhi Revianto serta jajaran Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Unit eselon I, sementara itu  jajaran Kantor Wilayah dan UPT mengikuti secara virtual.

Rangkaian perayaan HDKD telah dilaksanakan sejak 1 Oktober 2021 dengan kegiatan Doa Kumham untuk Negeri.  Dan rangkaian dilanjutkan dengan Lokakarya Pembangunan Zona Integritas,Seminar Nasional, Lomba Cerdas Cermat Akuntansi dan BMN, lomba Skill Challenge Menembak,  Bakti Sosial, Legal Expo,  Upacara Tabur Bunga hingga puncak peringatan dan syukuran pada 30 Oktober 2021. (hen).

BERITA TERKINI