<

Menteri Sandiaga Uno Kunjungi UMKM Pengrajin Batik Tulis di Pamekasan

PAMEKASAN, IndonesiaPosMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Shalahuddin Uno mengunjungi kampung batik setelah mengikuti acara Pamekasan Fashion Week yang bertempat di Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.  Jum’at (01/4/2022) siang.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pamekasan, Kusairi menyampaikan, kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno di Kota Gerbang Salam, ingin melihat secara langsung potensi yang memiliki kearifan lokal dengan kualitas tinggi, seperti halnya batik dan produk UMKM lainnya di Pamekasan.

“Peragaan batik akan digelar di Mandhapa Agung Ronggosukowati sekira pukul 14.30 hingga 15.15 WIB, akan mempersembahkan batik tulis yang di kemas dengan acara “Pamekasan Fashion Week “yang akan menampilkan batik dengan aneka corak dan warna,”katanya.

Kusairi menambahkan, pihaknya akan melakukan peragaan batik, dan akan menampilkan UMKM di Pamekasan yang tujuannya agar Pamekasan ini dikenal di Indonesia dan dunia.

Mantan Kasatpol PP Pamekasan ini menjelaskan, model yang akan memperagakan batik tulis tersebut sebanyak 15 model dari Pamekasan dan 40 model dari Jawa Timur, yang tentunya dengan design sesuai kearifan lokal.

“Ajang Pamekasan Fashion Week ini,  kami memilih batik tulis asli Pamekasan untuk tampil dalam acara tersebut, hal itu di karenakan para perajin batik saat ini sedang mengembangkan batik yang tidak hanya untuk baju, melainkan jaket batik, tas batik, souvenir batik, hingga sepatu batik,”tambahnya.

Menurutnya, Batik Pamekasan sekarang ini digunakan untuk segala usia, mulai dari usia tua hingga anak-anak muda.

“Kami berharap,  kedatangan Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ke Kabupaten Pamekasan, dapat memberikan perhatian khusus kepada batik Pamekasan dan produk unggulan lainnya demi kesejahteraan masyarakat,”harapnya.

“Dan mudah-mudahan batik Pamekasan ini benar-benar eksis yang dapat dimintai untuk semua usia,”pungkasnya. ( hen )

 

BERITA TERKINI