<
10/08/2022
Beranda

Arumi Bachsin Resmi Membuka Pameran Batik dan Bordir Dekranasda 2020

SURABAYA-IndonesiaPos

Pameran Batik dan Bordir Dekranasda Aksesoris tahun 2020 resmi dibuka oleh Ibu Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Arumi Bachim Emil Dardak, di Grand City Surabaya. Rabu, (4/3/2020).

Pameran Kriya Dekranasda dan Batik Bordir Aksesoris Fair 2020 Jatim adalah salah satu upaya dari program Dekranasda untuk memfasilitasi perajin binaan Dekranasda kabupaten dan kota, agar mempromosikan dan memasarkan produk unggulannya.

Ketua Dekranasda Jatim mengatakan, tidak hanya dibidang promosi dan pemasaran. Namun, fokus pada peningkatan kualitas  SDM. Selain itu, peningkatan kualitas produk fasilitasi akses permodalan, fasilitasi sertifikasi HAKI bagi perajin untuk bersinergi dengan Pemerintah Jatim.

Kegiatan pameran ini, juga diselenggarakan kegiatan lomba fashion show busana batik bagi Dekranasda kabupaten dan kota dengan tema “Membumikan batik Jawa Timur melalui upaya pemberdayaan generasi muda pengrajin batik Jawa Timur” .

Kegiatan ini diharapkan dapat menggali ide kreatif dari perajin batik dan  memperkenalkan motif batik khas kabupaten kota di Jatim. Meningkatkan regenerasi para perajin batik, membangun kepedulian masyarakat terhadap pelestarian budaya batik, meningkatkan promosi batik khususnya batik bernuansa kearifan lokal yang semakin luas dikenal baik ditingkat nasional maupun internasional.

“Ke depan, harapan kita Dekranasda Jatim mampu menjadi organisasi yang andal dalam mengembangkan visi dan misi organisasi, baik dari sisi program dan penggunaan teknologi informasi. Mampun  bersinergi dengan Dekranas dan dekranasda kabupaten dan kota, sehingga dapat menjadi salah satu pilar perekonomian daerah,”ujar Arumi.

Arumi berharap, Dekranasda dapat menciptakan peluang dengan bekerjasama dan bermitra dengan strakeholder lainnya, sebagai wujud exsistensi organisasi yang mandiri, sehingga Dekranasda dapat lebih banyak mencetak para intrerpreneurship muda yang andal dan mampu berkompetisi, sehingga dapat mendukung peningkatan perekonomian di Jawa Timur.

Pameran pada tahun 2020 merupakan penyelenggaraan yang 15 kalinya dan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke 40 Dekranasda. Diusianya yang menginjak ke 40 tahun Dekranasda dan Dekranas dapat semakin memantabkan kiprahnya bersama-sama pemerintah.

“Tentu harapan kita bersama adalah untuk dapat menggali, melindungi, melestarikan dan membina serta mengembangkan seni kerajinan yang benilai berbasis budaya bangsa, sehingga mampu bedaya saing dan diharapkan dapat memberikan kesejahteraan bagi para perajin dan masyarakat di seluruh Indonesia,”imbuhnya.

Sementara itu, peserta Dekranasda Kabupaten Bondowoso, sebagai salah satu peserta juga menampilkan sejumlah kerajinan batik lokal. Bahkan, kwalitasnya tidak kalah dengan pengarajin batik dari kabupaten lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Hj. Evi Susilawati Irwan Bachtiar, menjadi salah peserta fashion show, sambil mengenakan gaun yang dirancang oleh pengrajin batik Bondowoso.

Pameran tersebut juga turut Serta Ibu Bupati Bondowoso, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bondowoso, Sigit Purnomo, dan sejumlah official juga ikut mendampinginya.

iklan ucapan

BERITA POPULER

Kolom Komentar

IndonesiaPos
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com