<
20/04/2021
Daerah Halaman Utama Peristiwa Regional Teknologi

Erupsi Gunung Raung di Banyuwangi Mencapai 1 Kilometer

BANYUWANGI IndonesiaPos

Erupsi Gunung Raung, Jawa Timur masih terus terjadi hingga hari ini, Rabu (3/2/2021). Bahkan, Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Burhan Alethea menyatakan, Gunung Raung mengeluarkan asap bertekanan lemah teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang dengan ketinggan 500-1.000 Meter.

“Asapnya cenderung putih,ya. Karena abu yang berwarna kelabu mengandung material debu langsung turun di kaldera, dan sebagian menyebar di puncak kawasan Gunung Raung. Sedangkan asap yang berwarna putih mengarah ke timur,” ungkap Burhan

PPGA Raung, kata dia, juga menerima laporan lain terjadi akibat erupsi Gunung Raung di sekitaran Pos Jambu, Kecamatan Licin, Banyuwangi, Jawa Timur.

freeminingbitcoin.com - Free Mining Bitcoin

“Kami juga menerima laporan adanya hujan abu tipis di kawasan Kecamatan Licin. Namun, masih kami cek sebarannya” kata dia.

Selain kepulan asap, suara gemuruh gunung yang memiliki ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut (Mdpl) ini masih terdengar kencang.

“Di sismograf terekam adanya gempa tremor menerus (Microtremor), dengan amplitudo 5-32 mm (dominan 13 mm). Masih waspada (Level II) Gunung Raung,” tegas Burhan.

Loading...

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga melarang seluruh aktivitas masyarakat di radius 2 Kilometer dari puncak Gunung Raung.

Berita Terkait

Kolom Komentar

IndonesiaPos