<
18/10/2021
Beranda Nasional Olahraga

Joko Widodo : PON XX Gambaran Kemajuan di Papua

JAKARTA, IndonesiaPos

Presiden Joko Widodo (Jokowi), secara resmi telah membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Sabtu (02/10/21), di Stadion Lukas Enembe, Jayapura.

Tampak Presiden Jokowi mengenakan jaket PON XX “Torang Bisa!” dan langsung melambaikan tangan dengan penuh semangat ke para penonton yang hadir.

Acara dibuka dengan penyanyi Edo Kondologit bersama-sama dengan Michael J dan Nowela alumni Indonesian Idol menyanyikan lagu “Aku Papua” ciptaan Franky Sahilatua. Saat mereka menyanyi pun Stadion Lukas Enembe begitu indah dengan permainan lampu beragam warna.

Sesekali para menteri dari Kabinet Indonesia Maju dan juga para pejabat negara seperti Ketua DPR Puan Maharani dan Ketua MPR Bambang Soesatyo pun turut pula sedikit bergoyang menari sambil melambaikan tangan ke arah parade atlet.

Begitu pula dengan Gubernur Papua Lukas Enembe dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan. Acara pembukaan ini pun turut pula diramaikan oleh artis Raffi Achmad yang didaulat sebagai MC.

Kemudian, setelah persembahan lagu, para atlet dan juga wasit serta officials PON XX Papua memasuki area Stadion Lukas Enembe. Mereka yang datang dari seluruh provinsi di Indonesia terlihat begitu antusias dalam acara pembukaan, yang tentunya tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan, penyelenggaraan PON XX Papua menjadi gambaran kemajuan di Papua, kesiapan dari masyarakat Papua dalam menjadi penyelenggara acara besar layaknya PON.

“Pekan Olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur Papua, dan kesiapan masyarakat Papua, dalam menyelenggarakan acara besar utk beroprestasi di kancah nasional dan internasional,” ujar Jokowi.

Kepala Negara yang selama ini juga kerap memberi perhatian khusus terhadap Mutiara Timur Indonesia itu juga menilai bahwa PON Papua bermakna besar bagi masyarakat Indonesia, karena ini menjadi panggung persatuan, persaudaraan, dan panggung kebersamaan untuk maju bersama, sejahtera dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“PON ini juga memiliki makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. PON ini adalah panggung persatuan, panggung kebersamaan, panggung persaudaraan. PON ini adalah panggung kesetaraan dan panggung keadilan untuk maju bersama sejahtera bersama dalam bingkai NKRI,” ungkap Jokowi dengan berkobar-kobar yang disambut dengan tepuk tangan riuh para penonton di Stadion Lukas Enembe, Jayapura.

Pembukaan PON XX Papua ini juga dimeriahkan artis-artis tenar seperti Lea Simanjuntak, Ruth Sahanaya, dan Tulus.

 

Berita Terkait

Kolom Komentar

IndonesiaPos