<

Relawan Tidak Dibayar Bukan Karena Kami Tak Bernilai

EDITORIAL IndonesiaPos

Oleh : Ketua FRPB Pamekasan Budi Cahyono

Memaknai dihari Relawan Internasional dengan panca Dharma Relawan, kerapkali ungkapan sukarelawan didengar oleh kalayak masyarakat.

Terkadang hal itu banyak yang tak  mengetahui isensi dan makna sebenarnya. Terutama bagi para sukarelawan kemanusiaan yang selalu hadir tanpa pamrih dan kerja ikhlas didalam membantu sesamanya

Relawan bukanlah sebuah profesi yang akan mendapatkan hak materi dari setiap tanggung jawab yang diemban selama melakukan gerakan-gerakan kemanusiaan. Namun, lebih pada keteguhan dan panggilan hati setiap individu, yang terkadang bergabung dalam suatu wadah bersama dalam memasifkan gerakan dan tujuannya yang penuh dengan tanggung jawab.

Panca Dharma Relawan ini merupakan  semacam pemantik dan kode etik para relawan yang bergerak didalam gerakan Penanggulangan bencana dan kemanusiaan. Dari lima aspek dasar gerakan ini, termaktub dalam kebakuan tekad sekaligus kesatuan rasa menolong sesama.

Sikap mandiri yang menuntut relawan untuk tidak tergantung pada orang lain dalam bergerak serta berperan,dan profesional yang bergerak nya sesuai dengan kapasitas dan standard operasional prosedur yang ada.

Solidaritas yang menuntut adanya kebersamaan, kesatuan, kepentingan dan rasa simpati pada sesama.

 Tak hanya solidaritas saja, dengan adanya Sinergi yang akan  melahirkan kerjasama di internal yang produktif dan efektif. Selain itu alan menguatkan kemitraan eksternal yang harmonis pada semua stakeholder.

Dan  harus akuntabel yang menuntut setiap gerakan relawan dapat bertanggung jawab juga dipertanggunjawabkan pada masyarakat dan pemerintah.

Dengan  kehadiran gerakan relawan baik secara individu maupun kelompok tetap bisa terkontrol dan terkoordinasi melalui Desk Relawan dan Pusat Pengendali Operasi yang ada di lokasi bencana nantinya. Jadi diharapkan akan lebih meringankan beban para leading sektor kebencanaan dalam penanggulangan bencana, baik alam maupun non alam.

Kita relawan tidak dibayar bukan karena kami tak bernilai, melainkan karena kami tak ternilai oleh apapun. Ditulis Oleh : Andi/Heny

BERITA TERKINI