<

Vaksinasi Covid-19 di Bondowoso Bidik Sasaran 207 ODGJ

BONDOWOSO,IndonesiaPos

Vaksinasi Covid-19 di Bondowoso Jawa Timur, kini membidik Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Sebanyak 207 ODGJ di kabupaten berjuluk Kota Tape ini bakal disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama pada pekan kedua Agustus 2021.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bondowoso dr.Mohammad Imron, sebanyak 207 ODGJ yang bakal divaksin Covid-19, itu diajukan puskesmas di seluruh Bondowoso sejak 30 Juni 2021 lalu.

”Jumlah itu bisa berkurang, karena ada keluarga yang menolak anak atau saudaranya divaksin. Sehingga, kami mendata lagi,” katanya kepada wartawan, Selasa (3/8/2021)

Imron menerangkan, vaksinasi dosis pertama bagi ODGJ di Bondowoso, ini  rencananya pekan kedua Agustus 2021. Namun, kepastiannya menunggu pengiriman vaksin dari pemerintah pusat.

”Tapi pesan Kepala Dinkes Provinsi Jatim, kalau vaksin sudah datang, secepatnya dilakukan vaksinasi dan tidak perlu menunggu minggu kedua atau ketiga Agustus ini,” terangnya.

ODGJ di Bondowoso menjadi bidikan vaksinasi pada Agustus, ini kata Imron, karena ada kejadian di rumah sakit jiwa yang terpapar Covid-19. Bahkan, di ruang rawat Seroja RSUD dr.Koesnadi Bodowoso pernah kemasukan dua ODGJ yang diketahui positif Covid-19.

”Untuk mencegah, itu kita sekarang membidik ODGJ di Bondowoso divaksin Covid-19,” ujarnya.

Mantan Kepala Puskesmas Maesan itu mengungkapkan, vaksinasi Covid-19 bagi ODGJ, ini sebenarnya hibah dari Uni Emirat Arab (UEA) yang rencananya untuk para jemaah calon haji (JCH) Indonesia.

”Karena, pemberangkatan haji tahun ini dibatalkan, kemudian dialihkan untuk kau difabel, termasuk ODGJ. Itu juga hanya untuk lima provins, salah satunya Jawa Timur, karena jumlah vaksin tidak banyak,” ungkapnya. (ido/IP)

BERITA TERKINI