<
22/05/2022
IndonesiaPos

Kata Affandi, Nikah Sirri Sah Secara Agama Tapi Merendahkan Martabat Wanita

PAMEKASAN, IndonesiaPos

Pernikahan Siri yang dilakukan oleh seseorang dengan adanya Wali, untuk memenuhi rukun dan syarat dalam nikah. Namun tidak terdaftar di Kantor Urusan Agama (KUA) dengan persetujuan kedua belah pihak.

Menurut Kepala Kemenag Pamekasan H.Affandi  saat ditemui diruangan kerjanya mengatakan, pernikahan sirih ataupun yang di kenal dengan sebuah pernikahan di bawah tangan sudah lama menjadi polemik di masyarakat maupun di mata hukum.

“Pernikahan sirih tersebut menurut UU di larang, karena sesungguh nya pernikahan semacam itu adalah merendahkan martabat seorang Wanita,”tutur Kepala Kemenag Pamekasan. Rabu, (29/1/2020).

Nikah Sirih, kata Affandi ada dua (2) varian yakni untuk istri ke dua dan yang ke tiga dilakukan pada awal pertama akan tetapi belum di daftarkan ke KUA.

“Pernikahan semacam ini tidaklah memiliki ikatan terhadap pihak suami, terutama pihak istri yang tidak punya akan hak hak nya terhadap suami, seperti hal nya hak harta bersama, karena tidak memiliki “Legal Standing,” terangnya.

Dan untuk memenuhi semua hak haknya bagi seorang istri harus ada pengakuan hukum yang sudah diatur didalam UU Perkawinan tersebut.

Namun, pernikahan Sirih menurut Agama sah sah saja, akan tetapi konsekwensi dari pernikahan Sirih tersebut seorang istri kedua tidak terjamin akan hak hak nya.

“Dan secara agama sang istri tidak bisa menceraikan suami, sehingga seorang istri akan selamanya digantung apabila sang suami tidak mau menceraikannya, dan pada pernikahan yang terdaftar di KUA atau yang memiliki Buku Nikah atau Surat Nikah maka, proses perceraiannya harus melalui Sidang Hakim dan bagi Nikah Sirih harus melalui Isbat Cerai,”tandasnya.

Ia menghimbau kepada semua masyarakat dan kepada Kepala Desa agar setiap warganya untuk melaporkan pernikahannya ke Kantor KUA.

“Dan jika seorang pria hendak melakukan nikah lagi harus melalui persetujuan pada istri pertamanya hal untuk memdapatkan Surat Nikah,”pungkas nya. (ndri).

iklan ucapan

BERITA POPULER

Kolom Komentar

IndonesiaPos
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com