<

Peringati Hari Santri, Lesbumi Bondowoso Undang Kyai Milenial

BONDOWOSO, IndonesiaPos

Peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada 10 Oktober 2021 mendatang menjadi salah satu momen paling bersejarah bagi kaum santri di nusantara, sebab saat itu para santri telah memberikan kontribusi besar terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk itu, Lembaga Sosial Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) Bondowoso tak akan membiarkan hari bersejarah itu dengan sia sia melainkan akan mengisinya dengan berbagai kegiatan untik melestarikan seni dan budaya Nusantara.

Ketua Lesbumi Bondowoso, Muhlis Adi Rangkul mengatakan bahwa ada beberapa agenda yang akan digelar Lesbumi di momen penting itu yang diantaranya adalah Webinar kebudayaan bekerjasama dengan Ijen Geopark Bondowoso.

“Selain itu kita akan mengadakan solawatan dengan menghadirkan kyai milenial yang akan disiarkan secara virtual. Pada kesempatan itu juga akan kita gelar beberapa kesenian semisal karawitan dan *cangkrukan santai bersama sang kyai milenial*,” ujarnya. 

Muhlis juga menambahkan bahwa Lesbumi Bondowoso juga memiliki agenda penting untuk melaksanakan kegiatan Pameran Rempah Nusantara dan ngaji Tosan Aji. 

“Tadi malam hasil diskusi kita menghasilkan beberapa rencana salah satunya Hadrah kolaborasi dengan gamelan. Kita bekerjasama dengan Ijen Geo Park,” terangnya.

“Dalam kegiatan solawatan ini, karena masih dalam masa pandemi, maka kegiatan itu tidak boleh menghadirkan banyak orang namun kita bisa gabung melalui virtual. Sedangkan untuk pameran rempah nusantara yang kita rencanakan kemungkinan setelah pandemi berakhir. Kita doakan semoga lekas selesai sehingga kita bisa memamerkan kekayaan lokal. Kita tunjukkan ke  dunia bahwa negeri ini memang kaya dan tidak dimiliki oleh negara lain, ” terangnya. 

Menurut Muhlis, Lesbumi sebenarnya juga sempat menggagas Lesbumi Goes tp School dan School Goes to Lesbumi, namun gagasan ini masih butuh pemikiran lebih lanjut. (*)

BERITA TERKINI

IndonesiaPos