<
31.3 C
Bondowoso, ID
15/08/2020
Bondowoso Daerah Sosial Ekonomi

Rayakan Idul Adha Warga Perum Taman Mutiara Potong 10 Sapi dan 7 Kambing

Loading...


BONDOWOSO, IndonesiaPos – Masjid An Nur, Perumahan Taman Mutiara, Desa Pejaten, Kecamatan Kota berqurban 10 ekor sapi dan 7 ekor kambing. Pelaksanaan Qurban ini dilaksanakan di halaman Masjid, Sabtu (01/08/2020).

Ketua Takmir Masjid An Nur, Ustad Yusuf ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa panitia sepakat untuk melaksanakan qurban pada hari Sabtu mengingat jumlah hewan yang akan di qurbankan cukup banyak sehingga tidak dilaksanakan pada saat hari raya Idul Adha yang bertepatan pada hari Jumat, (31/7/2020) kemarin.

Menurut Ustad Yusuf, pada tahun ini, ada peningkatan saham sebesar 34 persen dari tahun sebelumnya. “Pada Idul Adha tahun kemarin,  jumlah sapi yang di qurbankan adalah 6 ekor sapi dan 16 ekor kambing.  Jadi pada hewan  sapi naik dan hewan qurban kambing menurun. Panitia berharap pada tahun berikutnya terus ada peningkatan, ” katanya. 

Hewan  qurban ini, lanjut ustad Yusuf merupakan hewan qurban dengan sistem saham dan sebagian juga ada yang berqurban secara pribadi.

“Jadi kalau yang sistem saham sapi itu jumlahnya 7 orang. Semua berasal dari warga perumahan. Ini artinya, meski kita ada di tengah pandemi Covid 19, masyarakat tetap semangat untuk berqurban,” ujarnya.

 Dalam pelaksanaan pengembalian dan juga pencacah daging maupun tulang serta daleman, pihaknya melibatkan panitia dari warga perumahan dan juga remaja masjid.

“Seluruh panitia kemarin juga sepakat bahwa kita tetap mengikuti protokol kesehatan dalam pelaksanaan qurban. Mereka memakai masker dan juga memperhatikan sosial distanting, ” terangnya.

Nantinya, pembagian daging qurban tersebut akan diantar ke rumah warga. Bagi warga sekitar perumahan akan di antara ke rumah masing masing, sedangkan bagi warga diluar perumahan akan dikirim ke rumah warga dengan bantuan kepala dusun atau RT RW setempat. 

“Bagi warga di luar perumahan kita berikan  kupon, sedangkan bagi warga di dalam perumahan langsung di antar. Bagi pemilik saham juga diberikan  kupon khusus,” ujarnya.

Setiap warga yang menerima daging qurban  mendapat bagian 5 kilo gram daging dan tulangan.

Diperkirakan pelaksanaan proses penyembelihan dan pembagian daging qurban akan selesai hingga sore hari. (lis)

Loading...
Iklan-spot

Related posts

SRPB Jatim Mengapresiasi TIC Bakorwil Pamekasan

IndonesiaPos

Pasar Pakong Pemakasan Dapat Tambahan Dana Pembangunan Senilai 3 Miliar dari APBN 2020

IndonesiaPos

Presiden Jokowi Tanggapi Santai Soal Pertemuan Nasdem dan PKS

admin

Leave a Comment