<

PDI Perjuangan Konsisten Menjadi Oposisi

JAKARTA – IndonesiaPos

Pengamat politik dari BRIN Firman Noor mengatakan selama PDI Perjuangan (PDIP) masih dipimpin oleh Megawati Soekarno Putri, partai berlambang banteng itu akan konsisten menjadi oposisi.

“Tidak akan (berubah sikap), ya, kalau menurut saya. Kecuali ada pergantian pemimpin atau sikap politik yang berbeda dengan Megawati, PDIP mungkin saja bisa berubah. Sejauh masih Megawati yang memimpin saya rasa masih konsisten,”kata Firman kepada Wartawan, Kamis (29/2/2024).

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan PDIP siap di barisan oposisi. Menurut dia, hal ini penting untuk memastikan adanya keseimbangan ketika muncul kewenangan negara.

“Berkaca pada periode kedua pemerintahan Jokowi, kekuasaan yang terpusat memunculkan kemampuan untuk melakukan manipulasi, sehingga kekuasaan dan kritik dalam konteks kebijakan dan implementasinya dibutuhkan check and balance,” kata Hasto dalam keterangannya, Kamis, 15 Februari 2024.

Hasto mengatakan posisi PDIP yang menjadi oposisi sudah pernah dijalakan selama dua periode pemerintahan SBY.

Kala itu, tambah Hasto mengatakan banyak yang mengapresiasi PDIP karena dapat meningkatkan kualitas demokrasi.

“Ketika PDI Perjuangan berada di luar pemerintahan tahun 2004 dan 2009, kami banyak diapresiasi karena peran serta meningkatkan kualitas demokrasi. Bahkan, tugas di luar pemerintahan, suatu tugas yang patriotik bagi pembelaan kepentingan rakyat itu sendiri,”ujar Hasto.

Presiden Amerika Serikat Resmi Dimakzulkan

BERITA TERKINI