<

PC Bamusi Bondowoso Gandeng Sejumlah Stakeholder Gelar Khitanan Masal di Pendopo Wisma Wabup

BONDOWOSO, IndonesiaPos

Pengurus Cabang Baitul Muslimin Indonesia (PC BAMUSI) Kabupaten Bondowoso, beberjasama dengan Yayasan RUANG PASIEN Surabaya  dan Yayasan Dana Sosial al Falah (YDSF) Kantor Kas Bondowoso menyelenggarakan khitanan masal di Pendopo Wisma Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso. Sabtu pagi, (3/4/2021) jam 8.00 WIB.

Sebanyak 50 anak-anak yang menjalani khitan masal ini, didukung oleh sejumlah badan usaha diantaranya, Bank jatim cabang Bondowoso, PT Kamila Wisata Muslim (umroh), Perusahaan Air Minum A3, PDAM Bondowoso, Rumah roti Bondowoso, Sparkling digital printing  dan Donat kentang Dopota.

Ketua PC BAMUSI Kabupaten Bondowoso, Ahmad Hidayat mengungkapkan, tujuan dilaksanakannya khitan massal ini, sebagai bentuk kepedulian dan perhatian kepada masyarakat, terutama masyarakat kurang mampu.

“Kita menyelenggarakan acara Khitanan Massal ini bertujuan untuk meringankan beban keluarga peserta, terutama dari keluarga yang kurang mampu,”kata Ahmad Hidayat.

Ahmad Hidayat  mengungkapkan, selain di khitan, peserta juga mendapat bingkisan dari panitia. Bingkisan itu berasal dari sumbangan donator sehingga dapat memberikan motivasi dan semangat kepada peserta.

Sementara itu, wakil Bupati Bondowoso, H Irwan Bachtiar Rahmat mengapresiasi langkah panitia penyelenggara dalan melaksanakan bakti social dan khitanan masal, bagi warga masyarakat yang kurang mampu.

“Anak yang dikhitan ini mendapat dua manfaat, yang pertama dari aspek kesehatan. Sebab, khitan ini sangat baik untuk kesehatan, karena dapat terhindar dari potensi adanya kotoran yang terselip.  Manfaat yang kedua adalah,  bagi mereka yang beraga Islam, karena khitan dapat menyempurnakan ibadah,ujar Wabup Irwan.

Selain itu, kegiatab khitan ini merupakan salah satu syariat dalam memenuhi kewajiban agama terutama bagi yang beraga Islam, kemudian dari segi medis juga berupaya untuk dapat mengindari berbagai penyakit. “Mudah-mudahan ke depannya kegiatan bakti social akan bermunculan dari stakeholder dan elemen masyarakat yang lain, Karen khitanan ini bagian dari syareat agama yang wajib dilaksanakan,”I,buh Wabup Irwan.

Pantauan IndonesiaPos di lokasi, puluhan anak yang mendapat kesempatan dikhitan di awal acara mengungkapkan kelegaannya, karena dapat melaksanakan dan  mengikuti prosesi khitan dengan lancar.

Mereka dapat mengungkapkan kegembiraannya setelah selesai dikhitan. Bahkan ada yang mengaku senang karena tidak terasa sakit. Karena memang sudah lama ingin dikhitan tapi baru sekarang bisa tercapai.

BERITA TERKINI