<

Yayasan Bujuk Ratoh Ghejem Peringati Isra’ Mi’raj dan Khitanan Masal

PAMEKASAN, IndonesiaPos – Pengajian umum dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj dan Haul Akbar Bujuk Ratoh Ghejem Aryo Minak Senoyo di Desa Proppo, Kecamatan Proppo Pamekasan. Kamis (24/02/2022) pagi.

Rangkaian Haul Akbar Bujuk Ratoh Ghejem Aryo Minak Senoyo tersebut meliputi, Khitanan massal dhuafa, pemeriksaan kesehatan gratis, dan pemeriksaan mata gratis. Sedangkan rangkaian Haul Akbar pada Minggu 27 Febuari 2022 meliputi,Khotmil Quran, Santunan Anak Yatim dan Dhuafa.

Ketua Panitia Kiyai Miftah mengatakan, Haul Akbar ini di gelar merupakan  kegiatan murni kemanusiaan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

“Kegiatan ini untuk peningkatan silaturrahim kepada semua masyarakat agar dapat melanjutkan perjuangan leluhur kami Aryo Minak Senoyo yang selalu mengedepankan kemasylahatan ummat,”jelas Miftah.

Menurutnya, Haul Akbar Bujuk Ratoh Ghejem Aryi Minak Senoyo merupakan agenda tahunan yang di sertakan dengan pelaksanaan Bhakti sosial.

Selain itu, Yayasan Bujuk Ratoh Ghejem dapat menjadi wadah bagi masyarakat dalam meningkatkan ekonomi melalui kewirausahaan. Pihaknya siap memfasilitasi masyarakat melalui pelatihan pelatihan yang di dalamnya peran Dinas terkait.

Sementara itu, Kepala Puskesmas (Kapus) Proppo Bambang Budiyono menyampaikan, kegiatan Bhakti sosial yang di gelar oleh panitia Haul Akbar Bujuk Ratoh Ghejem menerjunkan 15 personil tenaga kesehatan.

“Semua tenaga medis kami terjunkan dari Puskesmas Proppo, baik logistik dan pengobatan,”ujarnya.

Selain itu pihak Puskesmas juga bekerja sama dengan klinik mata yang memberikan pelayanan pemeriksaan mata gratis kepada masyarakat. “Apabila ada yang harus dilanjutkan ke pemeriksaan lebih maka, kami akan memberikan rujukan,” tutur Kapus Bambang.

Bambang menyampaikan,  untuk sunatan massal ini pihaknya memberikan kesempatan untuk 58 anak yang akan menjalani khitan. “Apabila ada penambahan kami akan kordinasikan kembali,”pungkasnya.

Di tempat yang sama, Dwi Nurul Ita, Kepala Desa Proppo sangat mengapresiasi kegiatan Khitanan massal, santunan anak yatim dan dhuafa, yang diselenggarakan bersamaan dengan pengajian umum Haul Akbar Bujuk Ratoh Ghejem ini.

“Ini sangat membantu pada seluruh masyarakat di Desa Proppo, Kepedulian pada masyarakat saya sangat mengapresiasi,  meskipun masa pandemi covid-19, semoga bermanfaat bagi warga masyarakat kami,”pungkas Kades Dwi.

Reporter : hen/ rub

BERITA TERKINI