<

Para Pejabat Lapas Narkotika Pamekasan Hadiri Syukuran HBP ke-58 Secara Virtual

PAMEKASAN, IndonesiaPos Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, mengikuti kegiatan Syukuran Hari Bakti Pemasyarakatan (HPB) ke-58 tahun 2022 secara virtual, di Aula Lantai 1 Gedung Utama Tama Lapas setempat, dihadiri para pejabat struktural dan staf Lapas. Rabu, (27/04/2022).

Turut hadir, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Wakil Menteri Eddy OS Hiariej, para pejabat Pimpinan Tinggi (Pimti) Madya dan Pratama, para tamu undangan serta seluruh jajaran Kemenkumham yang hadir secara daring maupun luring.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly menekankan Pemasyarakatan harus adaptif, tidak bisa lagi menggunakan cara-cara lama dalam pelaksanaan program Pemasyarakatan

“Kita harus memikirkan cara mengubah tantangan besar menjadi peluang berkontribusi mewujudkan Indonesia Emas 2045, melalui penyesuaian program pelatihan narapidana dengan kesempatan kerja tersedia. Kita harus mampu bertransformasi menjadi institusi yang mampu menciptakan manusia berketerampilan dan memiliki produktivitas tinggi sehingga sudah siap untuk berkompetisi, baik di level nasional maupun global,” kata Yasonna.

Selain itu, kata Yassona.  diperlukan kerjasama yang baik dengan para stakeholder terkait untuk menciptakan manusia berketerampilan dan memiliki produktivitas tinggi yang siap berkompetensi dalam persaingan global.

“Sudah saatnya program pemberdayaan masyarakat ditingkatkan. Upaya promosi sebelum para narapidana ini benar-benar terjun ke masyarakat juga perlu dioptimalkan, perkuat Sinergitas antar stakeholder terkait,”tambah Yasonna.

Sementara itu Kalapas Narkotika Pamekasan, Yan Rusmanto melalui Kasubbag TU, Rasuka mengatakan, HBP ke-58,  yang tidak muda lagi,  sehingga  harus introspeksi dalam melangkah untuk mencapai tujuan.

“Kita sebagai Insan Pemasyarakatan memiliki tugas yang mulia, dan ini harus di pahami,  karena peran kita ini untuk mengembalikan orang-orang yang bermasalah atas kasus hukum menjadi manusia yang bermartabat. Bahkan juga menjadikan orang yang mandiri,”pungkasnya.

Acara ditutup dengan tausiyah dan Do’a oleh Ustaz Das’ad Latief, kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan buka bersama pejabat Struktural dan Staf Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim. ( hen )

BERITA TERKINI