<

Omzet Koperasi KKJHS “Misterius”, Pengadaan Beras ASN Capai Miliaran Rupiah Perbulan

JEMBER, IndonesiaPos – Keberadaan Koperasi Konsumen Jember Harmoni Sejahtera (KKJHS) sebagai koperasi yang mengelola penyaluran pengadaan beras tunjangan ASN Jember per Juni 2022 mendatang cukup membuat sejumlah pihak terkejut,pasalnya koperasi yang hingga kini belum jelas siapa saja pengurusnya tersebut perbulannya mampu menjalankan transaksi keuangan dari pemkab Jember hingga milyaran rupiah.

Dari hasil penelusuran media terkait KKJHS yang dihimpun dari beberapa sumber menyebutkan, sesuai surat edaran bupati Jember nomer 500/143/35.09.1.21/2022 tentang tunjangan bagi ASN dilingkungan pemkab Jember  dalam Mekanisme  penyediaan Kebutuhan beras untuk ASN se Kabupaten Jember menjelaskan :

  1. 62 Kepala OPD menugaskan kepada bendahara untukmelakukan pemesanan dan pembayaran beras melalui Koperasi Konsumen Jember Harmoni Sejahtera (KKJHS).
  2. Bendahara OPD melakukan pemesanan beras pada Koperasi Konsumen Jember Harmoni Sejahtera pada tanggal 27 setiap bulanya.
  3. Koperasi Konsumen Jember Harmoni Sejahtera melakukan pemesanan ke RMU tanggal 28 setiap bulahnya dan melakukan pembayaran kepada RMU pada tanggal 3 setiapbulannya.
  4. RMU (Rice Milling Unit) mendistribusikan ke OPD tanggal 2 dan menerima pembayaran dari Koperasi Konsumen Jember Harmoni sejahtera (KKJHS) tanggal 3 setiap bulannya.

Proses penyaluran pengadaan beras untuk ASN  melalui KKJHS tersebut untuk meng cover kurang lebih 10.397 ASN dilingkup pemkab Jember. Belum lagi ditambah dengan ASN dilingkup pendidikan yang jumlahnya hingga ribuan orang. Hal ini diperkuat dengan surat undangan sekda Jember tertanggal 18 Mei 2022 kepada semua OPD untuk membawa stempel OPD terkait penyaluran beras ASN ini.

Namun status KKJHS sendiri masih Misterius. Media yang berusaha menggali data terkait KKJHS kepada sejumlah pihak masih belum mendapatkan data valid terkait kepengurusan koperasi ini. Namun rumor yang berkembang dikalangan ASN menyebutkan, kepengurusan KKJHS diduga melibatkan pejabat tinggi di pemkab Jember.(kik)

BERITA TERKINI