<

Tekan Penyebaran PMK, Petugas Gabungan Gencar Lakukan Penyekatan

PAMEKASAN,IndonesiaPos – Petugas gabungan gencar melakukan penyekatan di Pos check Point keluar masuk kendaraan yang mengangkut hewan ternak di dua titik di Kecamatan dan Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan.

Penyekatan mobilitas hewan ternak ini dilakukan bersama Tim Satgas PMK dari unsur kepolisian, TNI dan Dinas Peternakan itu dalam rangka mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kapolres Pamekasan AKBP Rogib Triyanto melalui Kasihumas Polres Pamekasan AKP Nining Dyah PS mengatakan, pihaknya melakukan penyekatan, pemeriksaan dan penyemprotan desinfektan terhadap kendaraan yang membawa hewan ternak seperti sapi, dan kambing.

“Ini dilakukan, untuk mengetahui kondisi hewan ternak yang dibawa dan yang akan masuk ke Kabupaten Pamekasan. Apakah terjangkit PMK atau tidak,”ujar Nining.

Namun, dari hasil pemeriksaan itu,  tidak ditemukan gejala ataupun tanda-tanda PMK terhadap hewan yang masuk maupun keluar.

“Mudah-mudahan, dengan gencarnya penyekatan ini, wabah PMK bisa diminimalisir penyebarannya di Kabupaten Pamekasan,”terangnya.

Selain itu,Nining Dyah juga menghimbau kepada masyarakat, agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik.

“Kita mengajak masyarakat turut berperan aktif melakukan pengawasan terhadap wabah PMK ini, sebagai antisipasi dan menanggulangi penyebaran PMK,”pungkasnya.(hen)

BERITA TERKINI