<

Hari Raya Nyepi, Umat Hindu di Bali Ritual Tawur Agung Kesanga

JAKARTA, IndonesiaPos – Menyambut Hari Raya Nyepi, Pemerintah Kota Denpasar, Bali, menggelar prosesi Tawur Agung Kesanga, Selasa, (21/3/2023) kemarin.

Upacara dipusatkan di titik nol Kota Denpasar, atau di Catus Pata Patung Catur Muka. Pada tahun-tahun sebelumnya, Tawur Agung Kesanga dipusatkan di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung. Tawur Agung Kesanga berarti korban suci untuk keharmonisan alam semesta.

“Tawur Agung Kesanga bertepatan dengan Tilem Kesanga pada Selasa, 21 Maret 2023. Pelaksanaanya dimulai dari hari Senin, 20 Maret 2023 kemarin hingga 21 Maret 2023,” kata Kabag Kesera Setda Kota Denpasar, IB Alit Antara, Rabu, (22/3/2023).

Upacara Tawur Agung Kesanga merupakan pemberian Suguhan, dalam bahasa Bali Segehan kepada Buta Kala, agar tidak ada pemberontakan saat Nyepi. Dalam proses yang lebih besar disebut Caru dari binatang, seperti sapi, ayam, kerbau, babi.

BACA JUGA :

“Caru merupakan pemberian makanan kepada Sang Buto Bucari dan Sangkala Bucari. Menurutnya bumi dihuni oleh 7 buto kala yang berlapis 7 dengan naman Sapta Petala,”kata Nyoman Sudika, salah satu warga masyarakat Bali yang mengikuti upacara.

Tujuan diadakan upacara Tawur Agung Kesanga, kata Nyoman Sudika, juga untuk kesejahteraan manusia, lingkungan dan alam.

Rangkaian upacara tersebut sudah dimulai sejak 6 Maret 2023 melalui upacara mepiuning. Upacara dilanjutkan dengan Nyukat Genah yang juga berlokasi di sisi Timur Laut Patung Catur Muka. Acara yang lain dilaksanakan di Pura Agung Jagatnatha

Sedangkan, perayaan Nyepi sendiri dilaksanakan pada Rabu, 22-23 Maret 2023 dimulai pukul 06.00-06.00 WITA. Dalam hari Raya Nyepi itu warga Hindu Bali melakukan Catur Brata Penyepian yakni, amati geni, amati karya, amati lelungan dan amati lelanguan. Rangkaian Hari Raya Nyepi diatur dalam Surat Edaran (SE) PHDI Nomor: 143/PHDI Bali/II/2023 tentang pedoman perayaan Hari Suci Nyepi Caka 1945. Rangkaian utama prosesi Nyepi antara lain, upacara Melasti yang telah digelar mulai hari Minggu, 19 Maret 2023.

 

BERITA TERKINI