<

Erick Thohir Cawapres Representasi Kelompok Islam Religius

JAKARTA, IndonesiaPos

Pengamat Politik Universitas Indonesia, Cecep Hidayat menilai saat ini penting untuk calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 untuk memiliki pendamping atau calon wakil presiden (cawapres) dari kelompok Islam.

Diketahui, mayoritas masyarakat Indonesia adalah pemeluk agama Islam.

Cecep Hidayat mengatakan, Menteri BUMN yang juga Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir patut untuk dipertimbangkan.

Selain itu, Erick Thohir merupakan Anggota Kehormatan Banser dan memiliki hubungan yang sangat dekat dengan PAN, partai yang merepresentasikan organisasi Islam lainnya yakni Muhammadiyah.

“Memang keberadaan cawapres sangat penting yang merepresentasikan kelompok Islam. Erick Thohir ada representasi dari PAN dan Banser,” terang Cecep dalam keterangan tertulisnya Selasa (16/5/2023).

Erick Thohir sendiri kini sudah menjadi bagian dari keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) sebagai Anggota Kehormatan Banser dan Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU.

Tak hanya itu, sebagai cawapres yang merepresentasikan kelompok Islam, Erick Thohir juga memiliki kekuatan logistik.

BACA JUGA :

Selain itu, Eric Tohir dinilai sebagai seorang profesional kelas dunia yang terbukti mampu menjadi orang Asia pertama yang mengisi posisi Presiden Inter Milan, salah satu klub sepak bola terbesar di dunia.

Kekuatan logistik ini menurut Cecep, sangat diperlukan mengingat biaya pemenangan untuk Pilpres 2024 tidak sedikit. Sehingga dibutuhkan pihak – pihak yang mampu menopang logistik pemenangan.

“Erick Thohir memiliki sumber daya ekonomi yang sangat kuat untuk pilpres,” ujar Cecep.

Cecep juga melihat potensi Erick Thohir di Pilpres 2024 akan mendapatkan pinangan PDI Perjuangan yang mengusung Ganjar Pranowo.

Menurut Cecep, kombinasi pemimpin nasionalis dan religius mampu menarik dukungan masyarakat Indonesia dalam kontestasi demokrasi.

“Ada kemungkinan PDI Perjuangan akan memilih Erick Thohir,”pungkasnya.

 

BERITA TERKINI