<

Merespon Cuitan Nitizen, Dinsos Turun Tangan Bantu Warga Sumber Bulus

JEMBER, IndonesiaPos

Viralnya informasi terkait kondisi Haryanto,warga Sumber Bulus kecamatan Ledokombo  yang memperihatinkan di Media Sosial, membuat dinas Sosial Pemkab Jember turun tangan. Didampingi kades Sumber Bulus bersama TKSK dan pekerja sosial kepala dinas Sosial Jember, A.Helmi mendatangi rumah Haryanto pada Minggu (21/5/2023)

Kepada Media A.Helmi menerangkan, setelah mendapat  perintah langsung dari Bupati pasca viralnya cuitan nitizen di Instagram yang sempat mendapat beragam reaksi dari masyarakat. Ia segera berkoordinasi dengan beberapa pihak dan turun ke lokasi.

“Bupati memerintahkan kami untuk memberi bantuan kepada Haryanto, warga Sumber Bulus, kita bersama tim langsung turun kelapangan,”ungkapnya.

Haryanto sendiri lanjut Helmi merupakan buruh perkebunan yang tinggal di lokasi kebun di desa Slateng, perbatasan langsung dengan desa Sumber Bulus. Ia hidup bersama anak tunggalnya, Teguh (22 tahun)  yang mengalami keterbelakangan mental. Sedangkan istrinya sudah lama merantau ke luar negeri.

“Karena lokasi rumahnya berada diperbatasan antara desa Slateng dan desa Sumber Bulus , dan Hariyanto lebih senang menjadi warga Sumber Bulus, akhirnya kami minta didampingi kepala desa Sumber Bulus untuk meninjau lapangan,”ungkapnya

.BACA JUGA :

Ternyata benar, keberadaan kondisi Hariyanto sangat memperihatinkan. Selain hanya mengandalkan upah dari buruh kebun, Teguh anak semata wayangnya juga mengalami gangguan mental sejak kecil karena sering step (kejang=red).

Untuk meringankan beban kepada keluarga ini, pihak dinas sosial memberi bantuan sembako kepada mereka. Sebelumnya, Hariyanto telah mendapat  bantuan BLT dana bagi hasil cukai tahun 2022, dan akan di daftarkan DTKS di desa setempat. Khusus untuk Teguh ,pihak dinas sosial berencana membawanya ke rumah sakit untuk diberi perawatan.

“Kita akan berkoordinasi dengan pihak RSD Soebandi untuk melayani perawatan bagi Teguh, terutama penanganan syaraf yang dideritanya. Semoga ini berhasil dan menjadi hadiah terbaik bagi keluarga Haryanto,”pungkasnya.(Kik)

BERITA TERKINI