<

Menko Polhukam Ungkap 6 Identitas Panji Gumilang

JAKARTA, IndonesiaPos

Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mendalami dugaan pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun, Panji Gumilang memiliki enam identitas kependudukan.

Dukcapil hanya menemukan dua data yang memiliki kesamaan beberapa elemen.  “Antara lain, nama lengkapnya mirip, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir dan nama orang tuanya sama,”ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi, Jumat (7/7/2023).

Teguh kemudian kembali mendalami dua data yang memiliki kesamaan identitas itu. Data pertama, tertera nama Abdussalam Rasyidi Panji dan yang kedua bernama AS Panji Gumilang.

Hasilnya, data dengan nama Abdussalam Rasyidi Panji dipastikan aktif. Sebab, yang bersangkutan telah melakukan perekaman KTP elektronik (e-KTP).

“Jika dilihat dari data yang digunakan dalam pelayanan apapun tentunya menggunakan NIK tersebut. Sebab hanya data ini yang sudah diterbitkan KTP-el,”terangnya.

Sedangkan, data dengan identitas nama AS Panji Gumilang telah dinon aktifkan. Karena tidak meakukan perekaman e-KTP.

“Maka (data AS Panji Gumilang) tidak dapat digunakan dalam pelayanan lainnya,” jelasnya.

Dukcapil memastikan empat identitas kependudukan yang lain hanya mirip saja. Adapun identitas itu memiliki nama Abu Toto, Abdussalam Rasyidi, Panji Gumilang, dan Abdussalam.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatkan bahwa pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang memiliki memiliki enam identitas kependudukan yang berbeda-beda. Hal ini diketahui dari 256 rekening.

“Memang 256 rekening atas nama Abu Toto, Panji Gumilang, Abdussalam. Nama dia itu enam, ada Abu Toto, Panji Gumilang, Abdussalam, pokoknya enam lah,”terang Mahfud.

 

 

BERITA TERKINI