<

Mengungkap Keindahan Sejumlah Pulau Destinasi Wisata di Indonesia

JAKARTA, IndonesiaPos

Hampir setiap destinasi pulau terluar Indonesia memiliki pesona keindahan alam yang tak patut dianggap remeh. Karena indahnya, pulau terluar kerap dianggap sebagai surga di perbatasan Indonesia.

Mengutip dari laman Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Pulau-pulau Kecil Terluar (PPKT) adalah pulau-pulau kecil seluas kurang lebih 2.000 km persegi.

Pulau ini memiliki titik dasar koordinat geografis yang menghubungkan garis pangkal laut kepulauan sesuai dengan hukum internasional dan nasional.

Dengan kata lain, pulau terluar Indonesia masuk ke dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Meski tergolong sulit dijangkau, banyak wisatawan yang tetap datang berkunjung.

Berikut 6 destinasi pulau terluar di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Seperti dikutip dari berbagai sumber:

Pulau Natuna

Sampai saat ini, Pulau Natuna masih menjadi salah satu destinasi pulau terluar Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Bagian dari Provinsi Kepulauan Riau yang berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan, Pulau Natuna memiliki destinasi wisata eksotis.

Pulau Marampit

Destinasi wisata pulau terluar Indonesia lainnya adalah Pulau Marampit, Sulawesi Utara. Memiliki luas 12 kilometer persegi, pulau yang berbatasan langsung dengan Filipina ini memiliki tiga kampung.

Yaitu Kampung Marampit, Kampung Laluhe, dan Kampung Dampulis.

Meski berada di ujung Indonesia, potensi wisata Pulau Marampit tidak patut dipandang sebelah mata.

Pulau Rote

Selanjutnya adalah Pulau Rote, pulau paling terluar Indonesia terletak di Perairan Laut Sawi. Juga berbatasan dengan Samudera Hindia di sebelah selatan.

Dikenal sebagai pulau paling selatan Indonesia, Pulau Rote identik dengan pantai-pantai yang tiada dua. Salah satunya adalah Pantai Nemberala.

Pantai berpasir putih ini menjadi destinasi wisata incaran wisatawan yang hobi berselancar. Pasalnya, spot berselancar terbaik di Pulau Rote ini memiliki gulungan ombak setinggi 7 meter yang menantang.

Pulau Miangas

Destinasi pulau terluar Indonesia yang terletak di perbatasan antara Indonesia dan Filipina berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud. Adalah Pulau Miangas, pulau terluar yang berada di bagian wilayah darat Indonesia paling utara.

Pulau yang terkenal dengan sebutan “Palmas” ini memiliki banyak destinasi wisata pantai yang asri. Salah satunya adalah Pantai Merra, pantai indah di Miangas yang terkenal dengan pasir putih halus.

Pulau Weh

Kalau Pulau Miangas adalah pulau terluar Indonesia di paling utara. Kali ini, kita akan jalan-jalan ke pulau terluar yang terletak di ujung barat Indonesia, yakni Pulau Weh.

Terkenal sebagai “Surga di Ujung Barat Indonesia”, banyak potensi wisata di pulau utara Aceh ini. Sebagai pecinta sunrise, Sobat Parekraf bisa mengunjungi Pantai Iboih untuk menenangkan diri sambil menikmati keindahan matahari terbit.

Pulau Liki

Satu lagi destinasi wisata pulau terluar Indonesia yang tidak kalah menawan adalah Pulau Liki. Pulau terluar Indonesia yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik ini terkenal dengan keindahan bawah laut yang sangat eksotis.

Saat pertama kali tiba, anda akan disambut dengan pasir pantai putih bersih, dengan air laut jernih bergradasi. Saking jernihnya, kita bisa melihat biota laut dengan mata telanjang. ​

BERITA TERKINI