<

Anggota Fraksi PDIP Dengan BP Batam Gelar Seminar Pengembangan Investasi di Batam

BONDOWOSO, IndonesiaPos

Anggota Komisi VI DPR RI Sonny T. Danaparamita, S.H., M.H bersama Badan Pengusahaan Pelabuhan Bebas (BP) Batam yang diwakili Kasubbag Hubungan Komunikasi Media dan Antar Lembaga, Prayuli Irianti, S.E., M.M menggelar seminar, Membangun Semangat Ekspor Untuk Peningkatan Ekonomi Nasional, dengan tema “Perkembangan Investasi Batam”. di Aula Jhon Food, Perum Pancoran Residence, Desa Pancoran Kecamatan Kota, Kabupaten Bondowoso. pada Senin (09/11/2023).

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut, yakni Kasubbag Hubungan Komunikasi Media dan Antar Lembaga BP Batam (Prayuli Irianti), serta Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Bondowoso – Dedy Faizal Ali, sebagai Narasumber, dan puluhan pelaku UMKM dan juga warga masyarakat yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bondowoso.

Sonny mengungkapkan,  seminar ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang success story Batam untuk menularkan industri ke seluruh daerah di Indonesia. Agar supaya di Bondowoso bisa terpacu semangatnya untuk jadi eksportir produk-produk asli daerah.

“Batam ini kan sudah terkenal sebagai wilayah eksportir yang cukup besar di Indonesia, nah semangat itu yang ingin saya bawa ke Bondowoso. Bagaimana kita dapat terus melakukan inovasi tidak hanya di tataran pembangunan infrastruktur semata melainkan perubahan soft infrastruktur. Perubahan yang paling dirasakan yakni digitalisasi dan integrasi perizinan, guna memasarkan produk-produk asli daerah Bondowoso agar dapat mendunia,”terang Sonny.

Politisi PDI Perjuangan tersebut juga mengajak masyarakat dan para pelaku UMKM Bondowoso turut mengambil peluang investasi seperti yang telah dilakukan oleh Batam, karena melihat kawasan Bondowoso sangat menjanjikan untuk berinvestasi terutama pada sektor pertanian dan peternakan, yang diharapkan kedepan roda perekonomian Bondowoso bisa melaju lebih cepat.

“Saya melihat Bondowoso ini merupakan wilayah yang sangat potensial untuk dikembangkan investasinya, terutama potensi pertanian dan peternakan. Dimana produk-produk tersebut lebih mudah dalam transaksi ekonomi skala ekspor,”terangnya.

Sementara itu Kasubbag Hubungan Komunikasi Media dan Antar Lembaga BP Batam, Prayuli Irianti,  mengungkapkan, Pulau Batam menjadi wilayah strategis sebagai pintu perdagangan internasional bagi Indonesia. Sehingga potensi inilah yang ingin terus ditularkan dan dikembangkan demi memajukan ekonomi nasional.

“Kami ingin, jangan cuma daerah Batam saja yang sukses dan berkembang jadi wilayah eksportir, Bondowoso juga harus bisa. Dan saya harap kehadiran Bapak Sonny sebagai wakil rakyat yang juga mewakili Bondowoso di Komisi VI DPR RI, bisa menularkan semangat itu supaya nanti banyak Batam-Batam lain di Indonesia,”ujarnya.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Bondowoso, Dedy Faizal Ali menjelaskan, bahwa ekspor yang tinggi memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu wilayah.

Menurutnya, dengan membuka pasar baru dan meningkatkan akses ke pasar internasional, ekspor dapat membantu menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan daerah khususnya di Bondowoso dan yang paling penting adalah memperkuat perekonomian negara.

“Mengingat pentingnya kegiatan ekspor sebagai salah satu jantung perekonomian, dalam kesempatan ini saya mengajak Bapak / Ibu untuk membangun semangat serta turut andil dalam peningkatan aktivitas ekspor, guna meningkatkan perekonomian daerah, regional dan nasional,” jelas narasumber acara tersebut.

Selain itu, Dedy juga memberikan apresiasi kepada DPR RI khususnya kepada Sonny T. Danaparamita, bersama BP Batam yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan seminar ini, sehingga dapat menambah wawasan masyarakat Bondowoso tentang manfaat ekspor dalam mendukung peningkatan ekonomi nasional.

“Tentu perlu saya sampaikan rasa terima kasih dan apresiasi saya, kepada Bapak Sonny, anggota Komisi VI DPR RI, perwakilan BP Batam yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Karena memang melalui seminar ini akan membuka wawasan masyarakat Bondowoso, bagaimana menumbuhkan semangat ekspor, demi peningkatan ekonomi nasional,”pungkasnya.

 

 

BERITA TERKINI