<
20/04/2021
Halaman Utama Kesehatan Pemerintahan Peristiwa

Bupati Bondowoso Tandatangani MoU Dengan PT NSA, Bintang Toedjoe dan UMM

BONDOWOSO, IndonesiaPos

Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Pimpinan PT. Nusantara Segar Abadi, (NSA), PT. Bintang Toedjoe dan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), di Pendopo Bupati. Rabu, (24/02/2021).

Nampak hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati H Irwan Bachtiar, Asisten Deputi Agribisnis Kemenko Perekonomian RI, Sekda, Pimpinan Bank Indonesia Wilayah Jember, Pimpinan Bea Cukai Jember, Asisten Perekonomian Sekretariat Daerah. Pimpinan OPD, Dinas Pertanian dan Dinas kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bondowoso mengaku bersyukur, karena masih diberikan kesehatan. “Di tengah pandemi yang masih terus menuntut kewaspadaan kita bersama untuk tetap menjalankan protocol kesehatan,”ujar Bupati saat mengawali sambutannya.

Bupati mengaku merasa terhormat dan berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemkab Bondowoso dengan tiga pihak sekaligus, untuk tiga bidang kerjasama yang membanggakan.

Tiga pihak itu kata Bupati, antara lain PT Nusantara Segar Abadi untuk MoU pengembangan komoditas hortikultura Pisang Cavendish berorientasi ekspor Pihak PT  Bintang Toedjoe untuk pengembangan komoditas biofar maka jahe merah berorientasi ekspor Pihak Universitas Muhammadiyah Malang  untuk pengembangan pertanian organik di Kabupaten Bondowoso.

Saya ucapkan terima kasih kepada PT. Bintang Toedjoe  yang tetap konsisten untuk menggali keunggulan komoditas local nusantara untuk diangkat di level internasional dengan tetap bermitra dengan petani Lokal khususnya di Bondowoso. Semoga kedepan PT. Bintang Toedjoe yang bermitra dengan petani dan Pusat Pengolahan Obat Tradisional P4TO  dalam mengelola potensi jahe merah di Bondowoso akan semakin BEJO

freeminingbitcoin.com - Free Mining Bitcoin

Selain itu, Bupati berharap, bahwa dalam proses kerjasama kemitraan nantinya,  jahe merah bisa diproses menjadi simplisia di fasilitas UPT P4TO, agar dapat meningkatkan nilai tambah yang lebih baik bagi masyarakat petani.

Menurut Bupati Salwa, pihaknya sudah cukup lama mengikuti dinamika pengembangan komoditas pisang Cavendish, mulai di Madiun, Blitar, Lampung, Jembrana dan sampai hari ini Bondowoso mendapatkan giliran pengembangan komoditas pisang Cavendish berorientasi ekspor, yang difasilitasi secara terintegrasi oleh banyak stake holder. Kemenko Perekonomian, Dirjen Bea Cukai dan PT. Nusantara Segar Abadi.

“Patutlah kita sambut dengan hangat dan tangan terbuka,  kita akan dorong progressnya, kita fasilitasi apa yang  bisa difasilitasi, agar ujung dari program pengembangan komoditas ini dapat di capai, dengan tujuan untuk peningkatan pendapatan devisa Negara,  pendapatan perusahaan dan tentu saja peningkatan pendapatan dan kesuksesan petani mitra menjadi bagian penting yang tidak boleh terlewatkan,”tegasnya.

Lebih jauh Bupati mengemukakan, seperti jahe merah yang menjadi komoditas biofarma asli Nusantara. Menurut Bupati khasiatnya bisa disetarakan dengan gingseng  Korea.  Sehingga potensi pengembangan dan peningkatan ekonominya harus tetap dieksplorasi. Sehingga tujuan peningkatan ekonomi masyarakat,  peningkatan devisa dan tentu juga perusahaan harus untung.  

Bupati juga mengucapkan selamat kepada  Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Malang, yang telah telah terpilih sebagai Universitas Islam terbaik pertama di Dunia,  sebuah pencapaian yang membanggakan dan patut kita apresiasi setinggi tingginya, di tengah keringnya prestasi pendidikan kita di  kancah Internasional.

Bupati mengaku, jika UMM telah lama berkiprah dalam pembinaan dan pengembangan pertanian organic bahkan hari ini sudah berjalan lebih dari 8 tahun (1 windu). Telah banyak prestasi yang  berhasil diraih dan telah banyak hambatan dan kendala dilalui. Branding Bondowoso Pertanian Organik (BOTANIK) adalah salah satu buah dari kerjasama itu, Bersama dengan pihak terkait diantaranya, Bank Indonesia Wilayah Jember, yang hari ini juga hadir bersama kita.

Loading...

“Kedepan kerjasama ini, kami berharap akan terus dilanjutkan, di intensifkan, bahkan diperluas pada sektor – sector yang lain untuk akselerasi Pencapaian Bondowoso Melesat yang kita cita-citakan bersama,”imbuhnya. (sul)

Berita Terkait

Kolom Komentar

IndonesiaPos