<

DPC PDI Perjuangan Bondowoso Melatih Ribuan Saksi di Dapil III

BONDOWOSO – IndonesiaPos

Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) Cabang DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bondowoso menggelar pelatihan saksi pemilu serentak 2024 di pasar Desa, di Desa Jebung Kidul Kecamatan Tlogosari. Minggu (11/2/2024).

Saksi Pilpres dan Pileg yang hadir sebanyak 1068 peserta dan ratusan Koordinator Desa (Kordes). Para saksi tersebut nantinya nantinya akan ditugaskan ke seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di daerah pemilihan (Dapil) III, terdiri dari 5 Kecamatan, diantaranya, Pujer, Tlogosari, Sukosari, Sumber Wringin dan Ijen Sempol.

Hadir pada kegiatan itu, sejumlah pengurus DPC PDI Perjuangan Bondowoso, Diantaranya  Ketua DPC PDI Perjuangan Irwan Bachtiar Rahmat, Andi Hermanto, Suprogi dan Hery Masduki.  Hadir pula Kepala BSPN Shandy Endriartono dan sejumlah angotanya.

“Pelatihan saksi ini menjadi kunci penting untuk mengawal suara PDI Perjuangan Bondowoso, Karena saksi-saksi ini akan menentukan hasil akhir suara kita,” kata Irwan Bachtiar Rahmat.

Menurutnya, para saksi ini adalah ujung tombak yang melihat langsung proses pemilihan di TPS. Sehingga apapun yang terjadi, apakah ada kesalahan atau tidak, ada kecurangan atau tidak, maka saksi menjadi saksi kunci dalam mengawal suara PDI Perjuangan di masing-masing TPS.

“Jadi, saya berharap seluruh saksi yang bertugas di masing-masing TPS ini benar-benar bekerja extra untuk mengawal suara PDI Perjuangan di TPS masing-masing,”kata Irwan usai memberikan materi kepasa ribuan saksi.

Sementara Andi Hermanto, usai memberikan materi tentang bagaimana langkah- langkah saksi mulai dari pra pencoblosan, saat pemungutan suara hingga hasil akhir pemungutan suara, hendaknya jangan sampai lengah.

“Kami berharap, nantinya setiap saksi yang ditugaskan ke TPS bisa betul-betul menguasai teknis mekanisme dan materi terkait dengan pelaksanaan di TPS,”kata  Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Bondowoso bidang Kehormatan Partai ini.

Andi menyatakan, peran saksi sebagai ujung tombak dari partai PDI perjuangan Bondowoso ini sangatlah penting. Oleh karena itu, saksi harus memahami betul inti tugas pokok pada saat melakukan pengawasan di masing-masing TPS.

“Kami sedikit memberikan materi tentang teknis dasar pemilihan di TPS, seperti jadwal, surat suara sah atau tidak, hingga bagaimana cara untuk mengamankan hasil perolehan suara. Kami juga melengkapi dengan buku panduan untuk seluruh saksi,”tegasnya.

Ditempat yang sama, Kepala BSPN Shandy Endriartono mengatakan, untuk saksi yang disiapkan dari kader kader PDI Perjuangan ini telah diberikan pengarahan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan dan Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai, untuk bertugas dengan sungguh-sungguh, teliti dan tegas jika memang mendapati adanya hal-hal kecurangan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

“Semua saksi akan membawa salinan dari hasil perhitungan untuk menjaga dan mengawal orisinilitas hasil perolehan suara yang ada di TPS sampai dengan nanti dikirimkan ke KPU Pusat,”ujarnya Shandy.

“Saya berharap kepada semua saksi yang hadir, agar tetap tegak lurus kepada partai demi meraih kemenangan pemilu 2024, dan memenangkan Ganjar-Mahfud sebagai presiden dan wakil presiden,”imbuh Sandy

BSPN DPC PDI Perjuangan Blitar Beri Pelatih Saksi, Bertekad Menangkan Pemilu 2024

BERITA TERKINI

IndonesiaPos