<
22/05/2022
Daerah & Peristiwa IndonesiaPos

Kementerian LHK Segel Enam TPAS Liar Kota Tangerang

JAKARTA, IndonesiaPos

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) resmi menyegel enam titik lokasi Tempat Pembuangan Akhir Sampah atau TPAS liar di sepanjang bantaran Sungai Cisadane, Kota Tangerang, Banten.

Hal tersebut berdasarkan hasil koordinasi bersama tim dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Satpol PP Kota Tangerang.

Pasalnya, selain berdiri lapak-lapak pemulung dimana keberadaan TPAS liar tersebut juga mengganggu aktivitas masyarakat serta mencemari lingkungan sekitar.

“Penutupan dan penyegelan TPAS liar ini berdasarkan pengaduan masyarakat yang merasa terganggu atas aktifitas TPAS liar tersebut terlebih lingkungannya dijadikan lokasi pembuangan sampah yang merusak lingkungan, lalu bau yang menyengat juga menimbulkan pencemaran lingkungan. Sehingga kami dari tim Gakkum KLHK bersama DLH dan Satpol PP langsung mengambil langkah penyegelan di enam titik lokasi yang jadi TPAS liar ini,” ujar Anton Sardjanto, Kasubdit Penyidikan Pencemaran Lingkungan Hidup KLHK

Dia mengatakan, selain melakukan penyegelan dan penutupan TPAS liar, mereka juga mengambil sampel dan pengumpulan bahan yang nantinya akan diteliti apakah aktifitas ini termasuk pencemaran lingkungan atau tidak.

“Kalau memang dari hasil penelitian nantinya ditemukan pencemaran dan kita teliti ada unsur pidana sesuai dengan UU No 18 tahun 2008 maka kita akan tetapkan tersangkanya. Dan sejauh ini kita belum cari siapa yang bertanggung jawab pendirian TPAS Liar ini,” terangnya.

Pihaknya juga berharap Pemkot Tangerang lebih intens untuk melakukan pengawasan terhadap keberadaan TPAS liar seperti ini. Namun ketika ditindak di satu lokasi, maka ditempat lain ada yang timbul ditempat yang lain.

“Namun demikian kita tidak akan henti-hentinya melakukan pengawasan dan penindakan bila kita dapatkan informasi adanya pembukaan TPAS liar. Dan tadi kita juga berkoordinasi dengan pihak DLH dan Satpol PP akan mengintensifkan pengawasannya terhadap TPAS liar agar tidak makin menjamur,” tuntasnya.

iklan ucapan

BERITA POPULER

Kolom Komentar

IndonesiaPos
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com