<
22/05/2022
IndonesiaPos Budaya & Wisata

Sukses Bawakan Tari Jaranan Buto, Sonny Dipuji Masyarakat

BANYUWANGI, IndonesiaPos – Aksi Anggota DPR RI Sonny T Danaparamita yang memerankan sosok Buto, dalam Pertunjukan kesenian Jaranan Buto, yang digelar di Desa Genteng Kulon, pada Rabu (04/05/2022) kemarin, menuai respon positif dan mendapat banyak apresiasi dari masyarakat.

Bahkan, totalitas Sonny dalam memerankan Sosok Buto, pada pertunjukan kemarin, sampai-sampai membuat sebagian besar masyarakat yang hadir untuk menyaksikan pertunjukan tersebut tidak menyadari bahwa salah satu penari yang memerankan sosok Buto, adalah seorang pejabat DPR RI.

Salah seoarang warga bernama Dwi yang kemarin sempat menyaksikan pertunjukan Jaranan Buto tersebut mengaku kaget, saat mengetahui orang yang memerankan sosok Buto dan begitu lincah dalam menari itu adalah Sonny T Danaparamita, yang tidak lain adalah anggota DPR RI.

“Saya kenalnya Pak Sonny itu ya anggota DPR RI, tapi kemarin waktu melihat pertunjukan Jaranan Buto, saya kaget begitu tau kalau yang jadi Buto itu pak Sonny langsung. Terus terang saya kagum dengan aksi beliau, tidak menyangka saja pak Sonny, memiliki kemampuan untuk memainkan seni Jaranan Buto dengan sangat baik” Kata Dwi ketika di wawanca Kamis (05/05/2022).

Penampilan Sonny dalam aksi pertunjukan Jaranan Buto kemarin, juga mendapat apresiasi dari para penari Jaranan Buto lainnya. Menurut Dedi salah seorang yang juga turut menari Jaranan Buto,  mengatakan bahwa dirinya tidak menyangka Sonny yang familar sebagai seorang politisi mampu memainkan peran sebagai penari Jaranan Buto dengan begitu totalitas.

Dirinya pun memuji aksi Sonny itu, dengan menyebut bahwa Sonny tidak hanya berbakat sebagai politisi tetapi juga berbakat sebagai seniman. Bahkan menurut Dedi, Penampilan Sonny dalam aksi pertunjukan kemarin sangat baik, dan tidak kalah dengan para penari Jaranan Buto profesional.

“Terus terang saya kagum melihat pak Sonny yang merupakan anggota DPR RI putra asli Banyuwangi, begitu mahir memainkan kesenian dari daerah asalnya dengan baik. Tidak hanya sekedar formalitas, Bapak Sonny begitu luwes membawakan setiap gerakan dalam tarian Jaranan Buto ini. Dan itu yang membuat saya Bangga memiliki wakil rakyat seperti beliau” terangnya.

Sementara itu, menanggapi berbagai respon positif dari masyarakat terkait aksinya dalam pertunjukan Jaranan Buto kemarin, Sonny mengaku jika keputusannya untuk ambil bagian dalam pertunjukan tersebut tidak lepas dari kecintaan Sonny pada kesenian dan kebudayaan.

Sebagai putra daerah Banyuwangi, sejak belia Sonny telah banyak mengikuti dan belajar tentang kesenian di lingkungannya, oleh sebab itu meski tidak memiliki darah seniman, Sonny begitu menikmati dan sangat luwes  ketika tampil menarikan kesenian Jaranan Buto.

“Sejak kecil saya, dibesarkan di lingkungan kesenian, dari sana Saya sering menyaksikan bahkan ikut berkeliling mengikuti berbagai pertunjukan kesenian, mungkin karena itu saya selalu bersemangat kalau ada pertunjukan seni seperti ini” Kata Sonny.

Sonny juga merasa enjoy dan tidak terbebani saat membawakan tarian Jaranan Buto, sebaliknya Sonny sangat menikmati koreografi dalam aksinya pada pertunjukannya kemarin,

“Saya merasa antusias dan sangat menikmati penampilan saya kemarin. Senang rasanya bisa tampil lepas dan menghibur masyarakat” ungkapnya.

Sonny pun berharap, agar masyarakat dapat lebih memperhatikan dan peduli pada kesenian di daerahnya, “Saya berharap kita semua bisa bersama sama menjaga warisan budaya, yang ada di wilayah kita masing masing, jangan sampai kita kehilangan identitas budaya kita karena kita sendiri yang tidak mau melestarikan” Pungkasnya.

iklan ucapan

BERITA POPULER

Kolom Komentar

IndonesiaPos
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com