<

Tingkatkan Perekonomian Warga, Pemdes Leprak Galakkan Program Padat Karya

BONDOWOSO – IndonesiaPos

Pemerintah Desa Leprak kecamatan Klabang kabupaten Bondowoso memanfaatkan program dana desa anggaran tahun 2024 untuk program padat karya.

“Tujuannya agar dapat menggerakkan ekonomi maka potensi desa harus maksimal,” terang PJ Kepala Desa Leprak, Hariyanto. Minggu (30/6/2024)

Hariyanto menjelaskan, program padat karya tunai ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa yang miskin dan marginal.

Program itu bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal, sehingga dapat memberikan tambahan upah dan pendapatan.

“Hal ini kira lakukan untuk meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan mendukung penurunan angka stunting,”ujarnya.

Dia menyampaikan,  skema Padat Karya Tunai yang bersumber dari Dana Desa itu diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

“Yang lebih penting adalah, dapat memberikan honorarium (upah) langsung tunai kepada tenaga kerja yang terlibat, baik secara harian maupun mingguan, sehingga dapat memperkuat daya beli masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat,”tegasnya.

Hariyanto menambahkan, program  pekerjaan jalan tembus antara dusun Leprak 2 menuju Duaun menuran sepanjang 2,5 km, lebar 2,5 meter. Saat ini sudah bisa di akses oleh penduduk.

“Sebelumnya jalan tersebut tidak dapat di lalui sepeda motor namun sekrang sudah bisa melalui jalan ini dengan nyaman,”tambahnya.

“Sedangkan pekerjaan di lokasi melibatkan warga dan tokoh setempat dan di kawal oleh Pemdes Leprak, agar yang di kerjakan di lapangan berjalan dengan lancar,”imbuhnya.

Proyek Padat Karya di Kota Kediri Tingkatkan Daya Beli dan Ekonomi Kota

BERITA TERKINI