<

Komisi II Pertanyakan, Tahun 2021 Ada Kelebihan Pupuk Sebanyak 6 Ribu Ton

BONDOWOSO, IndonesiaPos – Dugaan penyelewengan pupuk subsidi juga diungkap oleh Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang berasal dari Kecamatan Pakem, Bambang Suwito.

Bambang Suwito mengemukakan, sejak tahun kemarin selalu terjadi kelangkaan pupuk bersubsidi di distributor dan kios pupuk. Kalaupun pupuk itu  ada, harganya tidak sesuai harga Eceran Tertinggi (HET) hingga RP 400.000.

Saat bertransaksi, petani tak pernah diberi kwitansi. Lebih parah lagi ada warga yang sudah meninggal, tapi namanya terdaftar sebagai pembeli.

“Petani sama sekali tidak diberi kwitansi, tapi kios melporkan ke distributor selalu ada kwitansi,”kata anggota Komisi III DPRD Bondowoso ini. Rabu, (2/2/2022),

Menyikapi temuan Bambang Suwito, Komisi II DPRD Bondowoso, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Kios pupuk di Kecamatan Klabang.

Anggota dewan ini ingin memastikan adanya pupuk bersubsidi yang hilang di pasaran. Sebab, menurut Ketua Komisi II Andi Hermanto, tahun 2021 ada kelebihan pupuk bersubsidi di Bondowoso sebanyak 26 ribu ton.

“Dari alokasi 26 ribu ton itu, pupuk yang terserap Cuma 19 ribu ton lebih. Pertanyaan kami, kemana kelebihan pupuk itu,”tanya Andi Hermanto.

Sementara, para petani kebingungan mencari pupuk. Sedangkan alokasi pupuk yang dilakukan oleh kios kepada para petani hanya 33 ton yang hanya cukup di satu desa.

“Salah satu kios di Klabang hari ini hanya dikirim 2 ton. Kami menduga pendistribusian pupuk ini ada permainan, karena kami melihat ada kejanggalan, karena ada 6 ribu ton yang tidak di SPJ-kan kepada petanu,”ungkap politisi PDI Perjuangan ini.

Andi mengungkapkan, tahun 2021 di Kecamatan Klabang ada kelebihan stok pupuk sebanyak 400 ton. “Selama ini masyarakat kebingungan mencari pupuk, lalu kelebihannya itu kemana,”tegasnya.

Untuk memastikan pupuk itu tidak langka, Komisi II dalam waktu dekat ini akan memanggil para distributor, untuk mengklarifikasi kelebihan pupuk itu.

“Kita akan memanggil distributor seluruh Kabupaten Bondowoso, untuk dimintai klarifikasi keberadaan stok pupuk bersubsidi yang kelebihan itu,”imbuhnya.

BERITA TERKINI