<

Dishub Jember Fasilitasi Pertemuan Warga Dan Pemilik Gudang, Terkait Rusaknya Jalan M.Yamin

JEMBER, IndonesiaPos – Untuk mencari solusi terbaik terkait keluhan Warga M.Yamin soal Rusaknya jalan di Sepanjang Jalan M.Yamin,  pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Jember mempertemukan antara warga dengan pemilik gudang di sekitar lokasi rusaknya jalan di aula pemkab Jember Kamis (7/4/2022).

Agus Wijaya, Kadishub  Jember menyampaikan, persoalan kerusakannjalan  M.Yamin merupakan  salah satu dari persoalan terkait sosialisasi dampak Over Dimensi Over Load (ODOL). Menurut Agus,  khusus untuk jalan M.Yamin dengan  masuknya sejumlah kendaraan berat , termasuk milik gudang disepanjang jalan M Yamin di ruas jalan kelas III tersebut menjadi salah satu penyebab rusaknya jalan.

” Disana masuk jalan kelas III ,jika merujuk pada peraturan lalulintas jalan umum, kelas tersebut  hanya memiliki  batas maksimal tonasenya hanya 8 ton,” terangnya.

Namun saat dilakukan penyisiran dilokasi jalan M Yamin lanjut Agus, petugas mendapati sejumlah truk besar dengan tonase melebihi kapasitas hingga 20 ton sering masuk ke jalan tersebut,sehingga dampaknya sangat parah terhadap kerusakan aspal jalan.

“Faktor lain penyebab kerusakan jalan di M.Yamin adalah tidak adanya drainase yang mampu menampung debit air saat hujan turun sehingga air meluber ke jalan. Faktor ini yang kini sedang dilakukan kajian di dinas DPU Bina Marga ,”tambahnya.

Tujuannya agar keberadaan jalan pasca adanya pengaspalan jalan menggunakan anggaran Rp.30 M yang masuk dalam proyek ringroad selatan tersebut bisa terjaga dengan baik.

Penyampaian Agus tersebut merupakan salah satu keinginan dari warga M.Yamin agar kedepannya ada solusi terbaik terkait kondisi jalan di sepanjang M.Yamin bisa terjaga. Hal ini disampaikan Iwan , ketua karang taruna dilingkungan MYamin.

“Warga hanya menginginkan jalannya mulus. Dan warga siap melakukan komunikasi dengan semua pihak termasuk pihak pemilik gudang untuk mencari win-win solusinya dalam penyelesaian persoalan rusaknya jalan M.Yamim,”ungkapnya.

Pihak pemilik gudang sendiri sepakat untuk mencari solusi terbaik dalam penyelesaian secara bersama dengan warga dan pihak terkait dalam menjaga kondisi terbaik jalan M.Yamin .

Yulianto, salah seorang pemilik gudang saat memberi pemaparan kepada anggota rapat yang hadir berkomitmen akan melakukan  koordinasi dengan warga dan pemerintah daerah untuk mencari solusi terbaik bagi semua pihak.

” Saya sepakat mencari solusi terbaik dengan melibatkan warga untuk mengurai benang merah penyebab kerusakan jalan M.Yamin . Termasuk membuat drainase air jika itu memang diperlukan. Untuk solusi lainnya akan kita musyawarahkan dengan warga dan pihak terkait”pungkasnya.

Hingga berita ini diunggah, pengerjaan jalan M.Yamin masih dikebut pengerjaannya , termasuk dengan membuat saluran drainase pembuangan air agar tidak luber ke jalan .(Kik)

BERITA TERKINI