<

Pemkab Sumenep Anggarkan Dana Rp 400 Juta Untuk Mudik Gratis Jalur Laut

 SUMENEP, IndinesiaPos – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur menganggarkan dana sebesar Rp 400 juta untuk mudik gratis di Bulan Ramadhan 1443 H. Melalui pelayaran laut untuk wilayah kepulauan di Kabupaten Sumenep.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi, saat memantau pemberangkatan mudik gratis di pelabuhan Kalianget Kecamatan Kalianget Kabupaten setempat bersama Forpimda dan Dinas perhubungan. Senin (25/4/2022).

“Pemkab Sumenep menganggarkan dana sebesar Rp 499 juta untuk mudik gratis pelayaran wilayah kepulauan,” ungkap Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Sebelumnya, ada informasi pemungutan karcis saat pemberangkatan kapal gratis pada hari Sabtu 23 April 2022. Kemarin saat pelayaran mudik gratis terjadi over load yang seharusnya 380 sampai 520 penumpang sehingga, ada masyarakat yang mudik gratis tidak ada karcisnya.

“Pemkab Sumenep memfasilitasi keinginan dan kebutuhan masyarakat kepulauan Ini mudik gratis memfasilitasi apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan masyarakat kepulauan,” ucapnya.

Politisi PDI-Perjuangan  ini memaparkan teknis gratis yang dilaksanakan adalah tiket dengan anggaran Rp 400 juta dengan jadwal dari hari Sabtu 23 April 2022 sampai hari Sabtu 30 April 2022 dengan beberapa Kapal yang beroperasi.

“Ada beberapa kapal yang akan melayani mudik gratis bagi warga masyarakat yang hendak mudik ke kampung halamannya di kepulauan yaitu, Sabuk Nusantara 91, 92, KM Darma Kartika, Km Satya kencana, KM Hulalo, dan DPS 3,” paparnya

Kata dia, pemudik pertama kali mendaftarkan dirinya ke pelayanan mudik gratis, langsung di Pelabuhan, dengan cara tukar tiket. “Pemerintah daerah membayar tiket yang sudah di keluarkan,” tuturnya

Dirinya menegaskan kepada semua petugas pelayanan dan kepala Dinas Perhubungan dan jajarannya, agar menyampaikan kepada masyarakat untuk mendaftar dulu sesuai dengan regulasi yang ada. “Hal itu untuk lebih sterilnya pelaksanaan di lapangan untuk mengarah kepada pungutan liar,” pungkasnya.

Reporter : id/hen

Area lampiran

BERITA TERKINI