<

KPU Pamekasan Sosialisasi Rencana Penambahan Dapil Untuk Pemilu 2024

PAMEKASAN,IndonesiaPos – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan menggelar Sosialisasi Tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 lewat Media Gathering di aula Hotel Odaita Jalan Raya Sumenep.Rabu (22/11/2022).

Komisioner Bidang Devisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat Dan SDM Fathorahman, menyatakan, setiap penambahan Daerah Pemilihan (Dapil) harus melalui mekanisme yang ada, dan sesuai dengan amanah Undang Undang.

BACA JUGA :

“Rencana merubah dan menambah satu Dapil, untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang harus sesuai dengan amanah Undang Undang, KPU harus mengusulkan rancangan dapil,”ujar Fathorrahman.

Setidaknya KPU mengusulkan minimal 2 rancangan dapil ke KPU RI. “KPU Pamekasan telah mengusulkan 2 rancangan dapil Kabupaten Pamekasan untuk tahun 2024 nanti,”urainya.

Dan untuk KPU RI harus mengumumkan, yang nantinya masyarakat akan memberikan tanggapan tentang usulan rancangan dapil yang telah di usulkan.

Namun untuk rancangan usulan dapil yang telah di terima oleh KPU RI harus melalui tahapan selanjutnya melalui uji publik. “Uji publik ini melibatkan semua stakeholder,  seperti Pemerintah Daerah, partai politik, tokoh masyarakat, praktisi, akademisi dan yang lain,”terangnya.

BACA JUGA :

Meski demikian,  tambah dia, pihaknya tetap mengacu pada mekanisme yang didukung oleh masyarakat, hal itu yang paling diharapkan.

Untuk Dapil di Kabupaten Pamekasan sebelumnya, ada 5 dapil di 13 Kecamatan, dan KPU Pamekasan telah mengusulkan untuk menambah 1 dapil.

Rencana penambahan dapil tersebut dilakukan dengan cara memecah dua dapil pada pelaksanaan pemilu sebelumnya, yakni dapil tiga dan dapil lima.

“Rrencana penambahan dapil tersebut difokuskan di dua dapil berbeda,”pungkasnya.(hen)

BERITA TERKINI