<

Panselnas Akan Umumkan Hasil Seleksi P3K Guru Pertengahan Februari 2023

JAKARTA, IndonesiaPos – Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) akan mengumumkan hasil seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Tahun 2022. Pengumuman akan dilakukan pada pertengahan Februari 2023.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nunuk Suryani mengatakan, semula pengumuman akan dilakukan Kamis (2/2/2023). Namun, pengumuman harus ditunda karena masih ada kuota yang belum terserap

“Insya Allah Panselnas akan mengumumkan hasilnya sekitar minggu ketiga atau keempat bulan Februari. Ini sesuai arahan BKN,” kata Nunuk dalam keterangan tertulis, Jumat (3/2/2023), kemarin.

Menurutnya, kuota yang belum terserap dalam pelaksanaan seleksi ada di sejumlah formasi pelamar. Formasi tersebut ada di pelamar prioritas satu (P1), prioritas dua (P2), prioritas tiga (P3), dan umum.

Dia mengemukakan Panselnas terus mengupayakan formasi yang masih kosong dapat dimanfaatkan. Panselnas terus berkoordinasi untuk mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan PPPK jabatan fungsional guru di instansi daerah.

BACA JUGA :

“Langkah optimalisasi formasi dan sinkronisasi data ini membutuhkan waktu sehingga berimplikasi pada penundaan pengumuman hasil seleksi. Saya harap hal ini dapat dipahami, karena kami ingin jumlah ASN PPPK yang diterima lebih banyak,”ujarnya.

Menurutnya, Kemendikbudristek dapat merekomendasikan pengalihan penempatan guru yang tidak sesuai dengan kebutuhan sekolah. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2022.

Panselnas sendiri meliputi sejumlah anggota dari Kemendikbudristek, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta Badan Kepegawaian Negara (BKN).

BERITA TERKINI