<

Wapres Minta IPI Ikut Berperan Awasi Pesantren Agar Santri Aman

SURABAYA, IndonesiaPos

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyayangkan terjadinya penyimpangan yang dilakukan oleh oknum kyai kepada santri di sejumlah pesantren.

Wapres minta pimpinan pesantren untuk melakukan pengawasan ketat untuk menjaga keamanan santri.

“Yang tidak kalah penting saya minta semua pesantren di seluruh Tanah Air untuk selalu menjaga keamanan para santri. Mereka anak-anak kita yang akan menjadi generasi penerus bangsa,”kata Wapres saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) 2023, di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (11/8/2023).

Menurutnya, ulah oknum kyai itu dapat merusak citra baik pesantren, yang seharusnya selalu menanamkan akhlak mulia kepada santri.

“Ini hati-hati ada banyak sekarang pesantren yang mencoreng nama pesantren, adanya kekerasan seksual di beberapa pesantren,”kata Wapres, mengingatkan.

Menurut Wapres, ada beberapa pesantren yang kemudian kyai-kyainya, bukan kyai itu sebenarnya, pura-pura jadi kiai itu, mosok kiai begitu. “Ini yang harus kita jaga,”ujar Wapres menunjukkan kekecewaannya.

Sebagai wadah yang menaungi pesantren-pesantren di Indonesia, Wapres juga mengatakan IPI untuk berperan mengawasi berbagai penyimpangan tersebut.

“Ini menjadi hal penting sehingga pesantren tetap menjadi lembaga pendidikan aman,”tegasnya.


Selain itu, Wapres kembali meminta IPI ikut mengawasi, jangan sampai ada ungkapan karena setitik noda kemudian pesantren dianggap tidak aman.

“Mudah-mudahan dunia pesantren tidak dirusak oleh adanya oknum-oknum yang ingin menghancurkan Pesantren,” ucapnya.

Diketahui, Undang-undang nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren menyebutkan, pesantren memiliki fungsi yang meliputi pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat.

Bahkan sebagai lembaga pendidikan yang mencetak generasi penerus bangsa, pesantren dituntut untuk memberikan pendidikan berkarakter sehingga menjadi pusat peradaban Islam.

BERITA TERKINI