<

Rapat Paripurna DPRD Sampang Dengarkan Pidato Presiden Jokowi

SAMPANG, IndonesiaPos

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar rapat paripurna, agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara daring di ruang Graha Paripurna, Gedung DPRD Sampang, Jalan Wijaya Kusuma.

Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Fadol, didampingi Wakil Ketua I Amin Arif Tirtana, Wakil Ketua II Rudi Kurniawan, Wakil Ketua III Fauzan Adima.

Hadir dalam rapat tersebut, Bupati Sampang H Slamet Junaidi, Wakil Bupati H Abdullah Hidayat, Sekretaris Daerah Yuliadi Setiawan, Forkopimda, pimpinan Fraksi dan Komisi, anggota DPRD, Camat, dan Kepala OPD, Rabu (16/09/2023) beberapa waktu lalu.

Sidang Tahunan MPR RI bersama DPD RI dan DPR RI tahun 2023 yang digelar di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Rabu (16/08/2023), dibuka oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Kemudian dilanjutkan dengan Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI oleh Ketua DPD RI La Nyala Mattalitti dan pidato kenegaraan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Dalam pidatonya, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI. Serta, penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2024.

 

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan bahwa Indonesia memiliki peluang yang besar untuk meraih Indonesia Emas pada tahun 2045 serta menjadi negara lima besar kekuatan ekonomi dunia.

Jokowi menjelaskan, peluang besar tersebut diantaranya bonus demografi yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2030 serta kepercayaan internasional atau international trust yang dimiliki Indonesia saat ini.

“Peluang tersebut harus mampu kita manfaatkan. Rugi besar jika kita melewatkan kesempatan ini, karena tidak semua negara memilikinya dan belum tentu akan kembali memilikinya. Dengan international trust yang tinggi, kredibilitas kita akan lebih diakui, kedaulatan kita akan lebih dihormati. Suara Indonesia akan lebih didengar sehingga memudahkan kita dalam setiap bernegosiasi,” paparnya.

Selain itu, Presiden Joko Widodo melanjutkan, Indonesia dengan ideologi Pancasila, harmoni keberagaman, dan prinsip demokrasi yang dimilikinya, mampu menghadirkan ruang dialog serta menjadi titik temu dan menjadi jembatan di tengah kondisi dunia yang bergolak akibat perbedaan.

“Lembaga think tank Australia, Lowy Institute, menyebut Indonesia sebagai middle power in Asia, dengan diplomatic influence yang terus meningkat tajam. Dan, Indonesia termasuk 1 dari 6 negara Asia yang mengalami kenaikan comprehensive power,” ujarnya melanjutkan.

Presiden RI Joko Widodo juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu untuk terus melaju mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045 karena tantangan bangsa Indonesia ke depan tidaklah mudah untuk mewujudkan visi tersebut.

“Semoga Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa mempermudah upaya kita dalam meraih Indonesia Maju yang kita cita-citakan. Marilah kita bersatu padu, Terus Melaju untuk Indonesia Maju,” tandasnya.

Menanggapi pidato Presiden RI, Bupati Sampang H Slamet Junaidi juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sampang untuk turut menjaga Indonesia dan ikut memajukan negara di mata dunia.

“78 tahun bukan waktu yang singkat, maka dari itu mari kita jaga Indonesia, mari kita jaga NKRI, selain itu kita juga masih memiliki PR besar untuk memajukan Indonesia di mata dunia,” ucapnya ditemui seusai rapat.

Ia menyebut, sesuai pidato Presiden Jokowi soal stabilitas politik jelang Pemilu 2024, baik nasional, provinsi hingga daerah, pihaknya menilai masih aman dan kondusif.

“Tadi disebutkan terkait pihak-pihak lain yang menilai Presiden adalah lurah dan sebagainya, tapi di Sampang sendiri tetap aman,” tutupnya.

Sementara Ketua DPRD Sampang Fadol menjelaskan, bahwa rapat paripurna DPRD dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI merupakan agenda yang rutin setiap tahunnya menjelang HUT RI.

“Ini adalah agenda rutin setiap tanggal 16 Agustus untuk mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT RI, semoga momen ini dapat membuat kita terus menjaga persatuan dan meningkatkan semangat kita untuk memajukan bangsa demi terciptanya Indonesia Emas tahun 2045, harapnya.

Untuk itu, Fadol mengajak seluruh elemen terus bersemangat dan bersatu mewujudkan cita-cita pembangunan di Kabupaten Sampang. Menurutnya, memandang 17 Agustus sebagai titik tolak perjuangan bangsa Indonesia dan juga pentingnya mengenang pengorbanan dan perjuangan para pahlawan bangsa yang telah melahirkan kemerdekaan.

“Dari pidato yang disampaikan Jokowi tadi bahwa memberikan semangat kepercayaan diri dan sebagai bangsa yang besar kita harus percaya bahwa Indonesia di tahun 2045 jadi Indonesia emas,” ujarnya.(Yat/Hen)

BERITA TERKINI