<

TMII Jadi Andalan Destinasi Wisata di Jakarta

JAKARTA, IndonesiaPos

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yakin Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bakal menjadi destinasi wisata utama di Jakarta.

Keyakinan itu ia sampaikan setelah melihat hasil final renovasi dari TMII.

“Kami di DKI Jakarta bersyukur dengan diresmikannya renovasi TMII ini. Dengan wajah baru, TMII akan menjadi ujung tombak destinasi pariwisata di Jakarta. dan juga tentu saja di Indonesia karena TMII ini seperti miniatur dari Indonesia,”ujar Heru dalam keterangannya kemarin, Sabtu (2/9/2023).

Ke depan, kata Heru, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan terus bersinergi dengan Pemerintah Pusat dalam menjaga TMII karena itu sudah menjadi ikon baru pariwisata nasional.

“Ini harus dilakukan agar anak dan cucu kita di kemudian hari bisa menikmati dan berwisata ke TMII. Ini merupakan warisan nasional,”ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meresmikan revitalisasi TMII, Jumat (1/9/2023) malam.

Presiden mengatakan pembenahan itu dilakukan untuk mengembalikan semangat awal destinasi wisata tersebut yang digagas oleh Tien Soeharto.

Sebagaimana masterplan awal, TMII didesain 70% ruang terbuka hijau dan 30% bangunan.

“Kalau siang mestinya TMII sekarang bisa lebih sejuk, karena konsepnya telah dikembalikan seperti pada masterplan awalnya, yaitu 70% ruang terbuka hijau dan 30% bangunan,”jelas Jokowi.

Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa seluruh bangunan museum dan 33 anjungan daerah di TMII telah dipercantik dengan mengusung konsep inklusif, budaya dan cerdas.

“Masyarakat sekarang bisa mengunjungi dan menikmati wajah baru TMII yang tertata rapi, lebih hijau, lebih indah dan lebih nyaman,”imbuhnya.

Revitalisasi TMII dilakukan sejak Januari 2022 dengan anggaran lebih dari Rp1 triliun.

Selain itu, perusahaan BUMN, PT InJourney, juga menginvestasikan sekitar Rp200 miliar untuk menghadirkan berbagai wahana dan atraksi baru.

 

BERITA TERKINI