<

Presiden Jokowi Minta Palestina dan Israel Hentikan Perang dan Kekerasan

JAKARTA, IndonesiaPos

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapannya mengenai situasi konflik yang semakin memanas antara Palestina dan Israel.

Presiden Jokowi mendesak agar perang dan tindak kekerasan di mana pun berada, khususnya di Palestina dan Israel harus segera dihentikan.

“Indonesia mendesak agar perang dan tindakan kekerasan segera dihentikan untuk menghindari semakin bertambahnya korban manusia dan hancurnya harta benda, karena eskalasi konflik dapat menimbulkan dampak kemanusiaan yang lebih besar,”kata Jokowi dalam keterangan persnya, Selasa (10/10/2023).

Kepala Negara juga memerintahkan kepada Kementerian Luar Negeri dan Kementerian terkait untuk segera mengambil tindakan cepat atas meningkatnya konflik Palestina dan Israel.

Jokowi meminta agar Kemenlu dan sejumlah Kementerian terkait gerak cepat melindungi WNI di sekitar lokasi konflik.

“Saya minta menteri luar negeri dan jajaran Kementerian terkait segera mengambil tindakan cepat untuk melindungi WNI yang berada di wilayah konflik,”ujar Jokowi

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menegaskan, akar permasalahan konflik kedua negara adalah karena Israel menduduki wilayah Palestina.

Dia mengatakan permasalahan itu harus segera diselesaikan sesuai parameter yang telah disepakati PBB.

“Akar konflik tersebut yaitu pendudukan wilayah Palestina oleh Israel harus segera diselesaikan sesuai dengan parameter yang sudah disepakati PBB,”ujar Jokowi.

Diketahui sebelumnya, Militan Hamas melancarkan serangan yang mengejutkan ke Israel, Sabtu 7 Oktober 2023.

Hamas menembakkan sekitar 5.000 roket ke wilayah Israel di jalur Gaza, sementara para militan bersenjata menyusup ke perbatasan selatan Israel.

Informasi terakhir sedikitnya 40 orang tewas. Jumlah korban terbaru dilaporkan layanan penyelamatan Magen David Adom saat pertempuran masih berlangsung pada Sabtu.

Rumah sakit di Israel merawat ratusan orang yang terluka, termasuk puluhan orang dalam kondisi kritis. Serangan salvo roket ditembakkan dari berbagai lokasi di wilayah yang dikelilingi oleh kelompok militan Palestina di Jalur Gaza. Namun, sistem pertahanan Iron Dome Israel berhasil menggagalkan serangan itu di beberapa wilayah.

 

BERITA TERKINI