<
22/05/2022
IndonesiaPos Hukum

Antisipasi Wabah PKM, Kapolsek Lodoyo Perintahkan Bhabinkamtibmas Turun ke Peternak

BLITAR, IndonesiaPos – Maraknya wabah Penyakit Kuku dan Mulut (PKM) yang terjadi di Jawa Timur, membuat para petugas turun tangan untuk mengantisipasi dan memastikan wabah itu tidak menyebar. Dan memberikan ketenangan pada masyarakat.

Seperti yang dilakukan anggota Polsek Lodoyo Barat (Lobar) mendatangi kandang Sapi dan Kambing milik warga bernama Imam,  Dusun Paraan, Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Sabtu (14/05/2022).

Kedatangan Polsek Lobar dalam rangka memastikan dan mencegah PKM pada hewan ternak, seperti sapi, kerbau, kambing, domba, kuda dan babi.

Polsek Lodoyo barat melalui Bhabinkamtibmas Desa Plosorejo, memberikan himbauan tentang merebaknya wabah PMK pada hewan ternak.

Petugas juga menjelaskan ciri-ciri hewan ternak yang terkena PMK. Disamping itu juga menginformasikan cara pertolongan pertama dan  obat apabila ada ternak yang teriveksi PMK.

Kapolsek Lodoyo AKP Edy Sumartono mengemukakan, anggota diperintahkan untuk menginformasikan mekanisme lalu lintas hewan ternak dari dan menuju daerah terkena wabah. Kapan hewan ternak harus dipotong paksa, lokasi dan prosedurnya dan penyemprotan kandang hewan dengan disinfektan.

“Dalam kegiatan pencegahan wabah PMK diharapkan warga tidak panik dan selektif saat membeli hewan ternak. Jika mendatangkan hewan ternak harus hati-hati dalam memelihara hewan ternak,”kata Kapolsek

Ia berharap, wabah PMK tidak sampai masuk di Desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.

“Saat menjalankan tugas anggota juga diminta untuk berhati-hati. Alhamdulillah  kegiatan ini berjalan dengan aman, lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan,”imbuh Edy Sumartono. (Lina)

iklan ucapan

BERITA POPULER

Kolom Komentar

IndonesiaPos
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com