<
02/12/2021
Beranda Hukum & Kriminal

Belawangi Desak Polri Segera Usut Peristiwa Kerusuhan di Dusun Pancer

BANYUWANGI, IndonesiaPos

Paska kerusuhan yang terjadi tambang emas di dusun Pancer, desa Sumberagung, kecamatan Pesanggaran, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat lalu, 27/03/2020

Ketua Pembela Adat dan Budaya Banyuwangi (Balawangi), Solehudin, mengutuk keras para oknum masa yang melakukan pengrusakan beberapa kendaraan Roda 2 ( R2), beberapa rumah warga rusak, ada juga anak-anak yang luka terkena serpihan kaca

Solehudin menceritakan, insiden tersebut berawal dari aksi penghadangan kendaraan di pertigaan Lowi, oleh kelompok tolak proyek Geolistrik gunung Salakan, Dusun Pancer, Desa Sumberagung.

Aksi berkerumun digelar tak jauh dari Mapolsek Pesanggaran tersebut berlangsung cukup lama, meresahkan, dan mengkhawatirkan di tengah isu penyebaran wabah global Covid-19 pada Kamis malam (26/3/2020), sampai Jumat siang (27/3/2020).

Hingga akhirnya dibubarkan oleh petugas kepolisian. Tak berapa lama, diduga karena tidak terima karena dibubarkan bentrok pun pecah. Massa penghadang kendaraan yang marah melakukan pelemparan batu kearah kerumunan warga lain.

Massa penghadang kendaraan diarahkan kembali ke Dusun Pancer, tempat tenda tolak proyek Geolistrik gunung Salakan berdiri. Sedang kelompok warga lain, diminta bertahan. Namun bukannya mereda, begitu sampai di Pancer, massa penghadang kendaraan makin beringas. Mereka dikabarkan melakukan perusakan dan pelemparan batu kearah rumah warga.

“Dengan ini saya menyatakan mengutuk keras kejadian (red. Kerusuhan dan pengerusakan) kemarin (red. Jumat siang (27/3/2020) di dusun Pancer” tegas Solehudin, sering di sapa Soleh.

Berdasarkan data yang dihimpun, Soleh, kendaraan R2 yang rusak sebanyak 68 unit, ada juga 2 rumah, 2 mobil dan 2 resto yang menjadi sasaran amuk massa. Dalam hal ini Soleh mendesak pihak kepolisan Polresta Banyuwangi maupun Polda Jatim segera mengusut tuntas sesuai dengan hukum yang barlaku dan di proses secepatnya.

“Kami tidak peduli pro atau kontra yang ada di tambang yang ada disana, yang kami pedulikan adalah saudara kami yang ada dusun pancer itu menjadi sedemikian rupa yang ketakutannya yang mencekam, kerugian mereka bukan hanya waktu melainkan kerugiaan mereka kendaraannya, rumahnya hingga resto milik usaha mereka yang porak-poranda seperti itu,”tutur soleh

Lanjut Soleh, saat ini pihaknya tidak melakukan aksi di dusun Pancer akan tetapi balawangi sangat simpati dan berempati atas kejadian tersebut, pihaknya pun siap membantu dan mendukung untuk saudara di dusun pancer sekaligus dari kerja pihak kepolisian.

“Jika kami di butuhkan maka Kami akan teramat siap untuk membantu saudara kami desa pancer, dan siap membantu aparat kepolisan Polresta untuk mengusut tuntas kejadian itu,”pungkasnya (Ari BP)

iklan ucapan

Berita Terkait

Kolom Komentar

IndonesiaPos