<

Kodim Sumenep Sukses Panen Perdana Jagung Silase

SUMENEP, IndonesiaPos – Dandim 0827 Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, Bersama Bupati dan Forkopimda, sukses panen perdana jagung silase di lahan binaan Kodim, di lahan Sutrisno seluas 1 hektar di Desa Samodung Utara RT 01/RW 10, Desa Lenteng Timur, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep. Senin (30/1/2023).

Hadir dilokasi Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Korluh Pertanian Lenteng, Plt Camat Lenteng, Danramil Jajaran, Ketua Persit KCK Cabang XLVI beserta pengurus, tokoh agama dan masyarakat setempat.

“Panen hari ini merupakan perdana yang merupakan kehormatan yang di berikan kepada Forkopimda,”kata Dandim.

“Ini menjadi suatu langkah yang besar, saat ini kami berhasil menanam jagung 5 hektar per minggu, jadi kami ingin mengembalikan masa kejayaan jagung dan sapi madura di Sumenep, karena jagung dan sapi ada di darahnya orang Sumenep,”ujarnya.

Dandim menjelaskan, tujuan ketahanan pangan jagung tersebut mempunyai tujuan yang pertama untuk kesejahteraan petani Sumenep.

“Ini sebagai perbandingan, sebagai pengembangan, insyAllah ini merupakan dinamo staternya di Kabupaten Sumenep sebagai percontohan di wilayah lain,”jelasnya.

Donny Pramudya Mahardi mengungkapkan, panen jagung tersebut nantinya akan di lakukan setiap hari. Untuk hari ini dilaksanakan panen seluas 1 hektar, dan dalam satu minggu panen sampai 5 hektar.

BACA JUGA :

“Ini panen pertama tapi berputar terus, jadi setiap hari kita panen karena kita menyuplai pabrik dan minggu ini kami panen 5 hektar,”tandasnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi, menyampaikan, melalui Perintah Panglima TNI, Kodim Sumenep telah membantu penguatan Ekonomi di wilayah, untuk mewujudkan kembalinya masa kejayaan bagi negeri melalui program ketahanan pangan.

Upaya ini, kata Bupati, untuk mendorong dan merubah mindset petani dalam pola tanam perawatan dan panen yang nantinya dapat menaikkan taraf perekonomian wilayah dengan hanpangan yang dikolaborasi dengan program silase jagung.

“Hari ini adalah bukti yang diprogramkan Bapak Dandim, beberapa bulan yang lalu tentang tranformasi peningkatan SDM melalui silase jagung, semoga niat baik ini, menjadikan hasil yang lebih baik,”ujar Bupati Achmad Fauzi.

Usai melaksanakan panen perdana Dandim bersama Forkopimda meninjau pabrik silase di Desa Kertasada, Kecamatan Kalianget.

Disana Dandim dan Forkopimda melihat langsung cara kerja mesin silase, dilanjutkan Dandim memaparkan kepada Forkopimda terkait program ketahanan pangan jagung Kodim Sumenep hingga pengolahan silase jagung menjadi pakan ternak.(amin)

BERITA TERKINI

IndonesiaPos