<
20/04/2021
Budaya Daerah Halaman Utama Wisata

Pemkab Situbondo Gelar Lomba Mancing di Pasir Putih

SITUBONDO, IndonesiaPos.co.id

Upaya untuk menyukseskan pencanangan tahun kunjungan wisata 2019, Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menggelar lomba memancing ‘fishing fun’ di lokasi Wisata Bahari Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo, Minggu (27/10/2019).

“Melalui lomba memancing ini, akan banyak wisatawan berdatangan dan berharap kunjungan wisatawan meningkat,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Sofwan Hadi, kepada RRI, di sela acara.

Sofwan mengemukakan, lomba memancing di lokasi wisata bahari Pasir Putih ini menggunakan perahu layar tradisional, sehingga membutuhkan kegigihan untuk mendapatkan ikan besar. “Kami sudah sediakan spot memancing, jadi peserta tinggal memilih,” ujarnya.

Lomba ini diperuntukkan untuk umum dan diikuti oleh sekitar 160 peserta, berasal dari berbagai daerah, diantaranya, Jember, Probolinggo, Banyuwangi, Bali, Malang, dan Surabaya. “Prioritas kita memang untuk luar daerah,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KONI Situbondo, Reno Widigdyo memastikan, bahwasanya rumpon-rumpon ikan untuk spot memancing, tak hanya disediakan oleh panitia, tetapi juga milik para juru mudi perahu.

freeminingbitcoin.com - Free Mining Bitcoin

“Kita menyediakan rumpon ikan, termasuk milik juru mudi perahu layar. Atau jika peserta punya spot sendiri kami persilahkan,” tuturnya.

Kata Reno, keunikan lomba memancing ini karena menggunakan perahu layar. Ada 39 perahu layar yang disediakan panitia, milik juru mudi perahu. Setiap perahu rata-rata diisi oleh empat peserta.  “Ada tiga kategori juara yang diperebutkan, yaitu, juara tim, perorangan dan juru mudi perahu,”ujar Reno.

Juara tim akan diberikan kepada peserta tim (satu perahu) yang mendapatkan ikan paling berat. Sedangkan juara perorangan akan diberikan kepada peserta yang mendapatkan ikan paling besar. “Siapa yang meraih juara tim, otomatis juru mudinya dapat juara,” pungkasnya.

Pantauan RRI, peserta memancing dilepas pada pukul 06.00 WIB. Dan pada pukul 13.00 WIB, mereka harus kembali ke darat untuk menimbang hasil memancing.

Loading...

Keluar sebagai juara tim dengan total berat ikan 5,5 kg. Sedangkan juara perorangan berhasil mendapatkan ikan jenis Kerapu seberat 1,9 kg. (Diana)

Berita Terkait

Kolom Komentar

IndonesiaPos