<
22/05/2022
IndonesiaPos Daerah & Peristiwa Sosial Ekonomi

Petani Bawang Merah di Kediri Menjerit, Lantaran Harganya Rp.10 Ribu Perkilogram

KEDIRI IndonesiaPos

Harga bawang merah di kabupaten Kediri anjlok. Meski demikian, para petani bawang merah di Desa Joho , Kecamatan Semen, tetap merawat tanamannya

Komoditas holtikultura mengalami penurunan, setelah harga cabai membumbung tinggi tak terkendali beberapa waktu lalu, kini bawang merah seperti tidak berharga sama sekali saat panen, karena di tingkat petani di Kabupaten Kediri  hanya laku Rp 10.000 per Kg.

Harga tersebut jelas menjadi pukulan telak bagi para petani bawang merah di Kabupaten Kediri, padahal biasanya harga di tingkat petani di wilayah Kediri mencapai Rp 30.000 per Kg.

Dan ternyata ketika dilepas kepada pedagang besar, harga bawang merah merosot drastis menjadi Rp 10.000 per Kg, dan setara dengan harga seikat daun bawang merah.

“Kondisi cuaca juga mempengaruhi tanaman bawang merah. Tetapi sekarang harga bawang merah jatuh sampai 75 persen,”keluh Sumani salah seorang petani bawang merah di Desa Joho, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.

“Untuk upah buruh panen saja tidak cukup,belum biaya rawat dan bibit,benar benar terpuruk,ā€¯imbuh Sumani. Sabtu, (29/5/2021)( yud/hen ).

iklan ucapan

BERITA POPULER

Kolom Komentar

IndonesiaPos
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com