<

Sempat Molor, Kini Dispendik Jember Mulai Proses Pencairan Dana Proyek DAK

Kepala Dinas Pendidikan Jember, Hadi Mulyono

JEMBER, IndonesiaPos

Dinas pendidikan (Dikpendik) Jember akhirnya mempercepat proses pencairan dana proyek DAK 2023. Hal ini dilakukan pasca munculnya keluhan dari sejumlah rekanan terkait ruwetnya proses pencairan di dinas tersebut.

Proyek yang mulai dilaunching pada bulan Juli hingga Agustus 2023 tersebut kini sudah hampir 80% selesai pengerjaannya. Namun karena Terbentur proses administrasi akhirnya molor.

Seperti dikabarkan sebelumnya, puluhan rekanan Jember Mengeluh, pasalnya hingga berita ini diunggah belum ada tanda -tanda akan ada pencairan dari dinas pendidikan.  Padahal tidak sedikit dari paket pekerjaan mereka telah selesai sekitar bulan Oktober lalu.

Belum cairnya dana tersebut akibat lemotnya proses administrasi di Dinas Pendidikan kabupaten Jember. Bahkan untuk mempercepat proses pencairan tersebut sejumlah rekanan rela bersusah payah “membantu” membuatkan berkas administrasi ,namun hasilnya tetap sama belum selesai hingga kini.

Untuk uang muka pekerjaan pihak diknas  mencairkan  30% terlebih dahulu baru kemudian ada termin pembayaran kedua hingga prosentasi 75%  baru selanjutnya  termin pencairan hingga 100 %.

Menyikapi ruwetnya persoalan administrasi pembayaran dana yang bersumber dari DAK tersebut, kepala dinas Pendidkan Jember, Hadi Mulyono kepada media  menjelaskan, dalam proses pencairan proyek yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus memang disesuaikan dengan pedum  DAK.

“Pencairan anggaran yang bersumber dari DAK sesuai Pedum memang dicairkan dalam beberapa termin. secara bertahap proses pengajuan dan pencairannya,” jawabnya singkat.

Dengan adanya percepatan pencairan tersebut diharapkan dapat memperlancar proses usaha para rekanan. (Kik)

 

BERITA TERKINI

IndonesiaPos