<

Blitar Sonya Bersama Kades Panggungrejo Hadiri Upacara Adat Larung Sesaji

BLITAR – IndonesiaPos

Ketua TP PKK Desa Panggungrejo, Blitar Sonya Setia Negara bersama Kepala Desa, Karendrata SE menghadiri kegiatan upacara adat Larung Sesaji 3 Muharram 1446 Hijriyyah, di Pantai Serang kecamatan Panggungrejo kabupaten Blitar, Selasa (9/7/2024).

Acara tradisi tahunan tersebut yang selalu dinanti-nantikan oleh masyarakat Blitar dan juga wisatawan dari berbagai daerah.

Ketua TP PKK Desa Panggungrejo Blitar Sonya Setia Negara mengatakan, hari ini pihaknya hadir mengikuti upacara adat Larung sesaji untuk  mensupport kegiatan yang ada di Desa  Serang.

“Kami hadir untuk berkolaborasi, karena kami juga bagian dari implementasi kearifan lokal dan budaya daerah,”kata Blitar Sonya kepada sejumlah wartawan.

Lebih lanjut Blitar Sonya memaparkan, bagaimanapun juga pihaknya harus mengapresiasi apa yang dikerjakan oleh Desa Serang dan ia pun bisa meneladani bentuk-bentuk dari multikultural yang dimiliki masyarakat desa Serang.

“Salah satu edukasi yang sederhana itu dengan tidak meninggalkan cara busana daerah yang selama ini memang sudah melekat dari turun temurun,”paparnya.

Menurut Blitar Sonya, ketika datang ke suatu kegiatan yang sifatnya tradisional, maka dia menggunakan kebaya dan jarik itu termasuk cara melestarikan budaya-budaya leluhur.

“Oleh karena itu, kami menghadiri kegiatan upacara adat Larung sesaji Desa Serang hari ini. Maka, kedepannya kami dari Desa Panggungrejo. Mungkin  akan melakukan kegiatan yang sifatnya serupa tapi disesuaikan dengan geologi,”ujar dia.

“Kalau di Serang larungan di laut dan kami di Desa Panggungrejo ada gunung dekat dengan air terjun, kita bisa improvisasi kira-kira kegiatan-kegiatan dengan serupa,”jelasnya .

Blitar Sonya mengaku sangat mengapresiasi kepada Desa Serang yang telah melaksanakan kegiatan upacara Larung Sesaji. Ia pun berharap, Desa Serang semoga semakin maju, lestari dan bisa menginspirasi.

“Begitu pula kami berharap Desa Panggungrejo semoga dapat meneladani prestasi Desa Serang yang sudah rutin dilakukan setiap tahunnya,”pungkasnya. (Lina)

Cagar Budaya Pura Mangkunegaran Surakarta di Pugar

BERITA TERKINI