<

Pemuda Pamekasan Sukses Budidaya Ikan Koi Hasilkan 20 Juta Perbulan

PAMEKASAN,IndonesiaPos

Pemuda asal Bumi Gerbang Salam,Madura  ini  telah meraih sukses budidaya ikan Koi. Pemuda tersebut bernama Rizki Mubarok (24), mampu meraup keuntungan melalui bisnis ikan Koi yang dibudidaya,Kamis (12/08/2021).

Kesuksesan Rizki ini berawal dari hobby hingga berhasil raih keuntungan besar dari bisnis ikan Koi.

Rizki Mubarok yang keseharian nya berprofesi menjadi pegawai di salah satu perusahaan swasta di Kabupaten Pamekasan. Di sela-sela kesibukannya bekerja, Rizki memiliki hobby budidaya ikan koi.

Ia memelihara ikan Koi ini sejak Agustus 2019, dengan berbagai jenis ikan Koi dibudidayakan di kolam berukuran 11×3 meter yang berada tepat di depan halaman rumahnya.

“Rizki mengungkapkan, ini berawal dari  sekedar hobby. Karena melihat harga ikan koi yang cukup menjanjikan, kenudian saya mencoba untuk buka usaha ikan Koi,”ucapnya.

Lebih lanjut,Rizki menambahkan dengan usaha bisnis ini dapat menambah penghasilannya di samping sebagai karyawan swasta yang telah ia jalani selama lima tahun. 

Ya, Alhamdulillah dari bisnis ikan Koi ini sangat menambah penghasilan saya. Bahkan pernah per bulan saya mendapat Rp 20 juta per bulan, namun itu kotornya mas. Kalau bersihnya sejumlah Rp 12 juta sampai dengan 16 juta perbulan,” ungkapnya.

Di Ungkapkan, modal awal yang dikeluarkan untuk membangun usahanya ini sejumlah Rp 50 juta. Dari modal tersebut, dia terus mengembangkan bisnis ikan Koi ya hingga mampu balik modal dalam satu tahun,ujarnya.

“Masih ujar Rizki, adapun modal awal,  menghabiskan dana sekitar Rp 50 juta. Dan dalam satu tahun sudah dapat balik modal,” ujarnya.

Menurutnya, bisnis ikan Koi dapat dikatakan masih pemula. Karena dengan modal Rp 50 juta itu tidak banyak ikan koi yang dapat dibeli.

“Sehingga saya harus merawat ikan koi seadanya. Namun untuk perawatan memang diusahakan yang terbaik, sehingga ikan koi saya laku dengan harga yang lebih tinggi ketika dijual,” ucap Rizki.

Ada 17 jenis ikan Koi diantaranya ikan Koi lokal,  juga impor dari Jepang. 

Adapun jenis-jenisnya yakni Sowa, Kohaku, Sanke, doitsu, kinggrin A, Kawarimono A, Kawarimono B, Goromo, Bekko, Utsurimono, Hikari Utsurimono, Shusui, Tancho, Ki Utsuri, Shiro Utsuri, Matsuba dan Ogon Platinum.

“Jenis ikan Koi yang ada disini itu ada 17, saya membeli dari Blitar, Tulungagung, dan Bogor. Serta saya impor dari Jepang lengkap dengan sertifikatnya,” ungkapnya.

Terkait perawatan ikan koi, Rizki mengungkapkan, memang cukup sulit. Karena harus menjaga kualitas air untuk menjaga adanya jamur ikan.

“Menjaga kualitas air itu ya harus sering ganti air. Jadi, memang cukup sulit dalam membudidayakan ikan koi ini,” katanya.

Lebih lanjut, Rizki menjelaskan, dari 17 jenis ikan koi yang dimilikinya, yang paling sering terjual adalah jenis Kohaku dan Sowa. “Dari dua jenis ikan itu kisaran Rp 10 ribu sampai dengan Rp 1 juta,”pungkasnya.( andi ).

BERITA TERKINI