<

Sonny T Danaparamita Hadiri Acara Temu Ternak Kambing Seni Se Banyuwangi

BANYUWANGI, IndonesiaPos – Disela kunjungan kerjanya di Kabupaten Banyuwangi, Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Sonny T Danaparamita, menghadiri acara temu ternak kambing seni, se Kabupaten Banyuwangi, yang di gelar di Lapangan Desa Telemung, Kecamatan Kalipuro, Minggu (29/05/2022).

Kegiatan temu ternak ini sendiri, merupakan agenda dari Himpunan Peternak Domba-Kambing Indonesia (HPDKI) Kabupaten Banyuwangi, sebagai wadah menyambung silahturrami sekaligus sarana bertukar informasi seputar dunia peternakan khususnya kambing seni/kambing kontes.

Dalam kegiatan ini juga, panitia penyelenggara memberikan layanan vaksinansi kepada setiap peserta yang mendaftar dan berada di lokasi.

Menurut Sonny, terselenggaranya acara temu ternak kambing seni se Kabupaten Banyuwangi ini, dapat menjadi awal kebangkitan dunia ternak kambing seni yang dalam dua tahun terakhir sempat terseok akibat pandemi.

“Kita pahami sejak pendemi mewabah di tahun 2020 lalu, berdampak cukup besar pada peternak dan khususnya pegiat kambing seni, sebab kontes kontes kambing yang notabene menjadi ajang untuk meningkatkan nilai jual kambing seni, tidak bisa diselenggarakan. tetapi kini pandemi sudah mereda dan Harapannya acara yang kita selenggarakan ini menjadi ajang kebangkitan dunia kambing seni, Banyuwangi,”kata Sonny.

Dalam kesempatan tersebut Sonny juga  mengapresiasi upaya dari panitia yang memberlakukan larangan bagi kambing-kambing seni dari daerah lain untuk tidak masuk di wilayah Banyuwangi sebagai langkah antisipasi agar virus PMK (Penyakit Mulut Kuku) pada hewan ternak tidak menyebar Banyuwangi.

“Seperti yang kita ketahui bersama hari ini virus PMK yang menyerang hewan ternak sedang mewabah, tetapi saya cukup senang ketika tau panitia yang menyelenggarakan kegiatan ini tidak memperbolehkan kambing dari luar daerah untuk masuk ke Banyuwangi, dan hal itu patut diberi apresiasi sebagai upaya serius agar menekan virus PMK ini tidak menyebar di hewan ternak, khususnya pada kambing seni yang ada di Banyuwangi,” terangnya.

Legislator senayan dari Dapil lll Jatim tersebut kemudian menuturkan, selain menjadi ajang sliahturahmi antar peternak kambing seni, kegiatan ini juga untuk sharing dan berbagi informasi supaya bisa belajar bagaimana cara memeliharanya, pemilihan bibitnya, genetiknya, cara pemasarannya, kemudian penyesuaian dengan pangsa pasarnya, termasuk trend kompetisi kambing seni.

“Harapannya edukasi yang di dapat dari kegiatan ini betul-betul dirasakan oleh para peternak di Kabupaten Banyuwangi agar mindset ke depan para peternak kambing seni bisa lebih mengetahui arah pangsa yang lebih baik, menguntungkan dan bermanfaat untuk perekonomian kerakyatan,”jelas Sonny.

Sonny yang notabene juga menggeluti dunia peternakan kambing seni ini mengaku, jika prospek dunia kambing seni sangat menjanjikan, bahkan harga satu kambing seni saja bisa mencapai ratusan juta dari harga kambing biasa, tentu hal tersebut dapat menjadi peluang usaha dengan nilai ekonomi tinggi.

Tetapi memang untuk perawatan pada kambing seni berbeda dengan kambing biasa, ada treatment khusus yang juga memerlukan biaya lebih, namun hal itu sebanding dengan harga jual kambing seni yang dapat mencapai ratusan juta rupiah, apalagi jika telah memiliki riwayat pemenang kontes.

“Sebagai orang yang juga menggeluti dunia kambing seni, Saya meyakini betul bahwa prospek dalam bidang usaha ternak kambing seni ini sangat luar biasa, bayangkan saja, untuk harga jual satu kambing seni jenis PE/ Kaligesing, bisa menyentuh harga ratusan juta rupiah, apalagi memiliki riwayat juara di kontes harganya bisa semakin melambung” Kata Sonny.

Sonny juga menyebut, jika Kabupaten Banyuwangi memiliki potensi besar untuk mengembangkan usaha ternak kambing seni, mengingat suplay makanan yang melimpah dan kondisi cuaca yang baik yang dapat menunjang pertumbuhan kambing seni.

“Apalagi di Banyuwangi, ketersediaan pakan cukup melimpah ditambah cuaca yang juga baik, sehingga potensi  untuk mengembangkan usaha ternak Kambing Seni di Banyuwangi ini sangat bagus. Saya harap potensi ini bisa benar benar kita manfaatkan, dan berharap Banyuwangi menjadi salah satu sentra kambing seni terbaik di Indonesia” Pungkasnya.

BERITA TERKINI