<

Warga Desa Tegaljati Gelar Syukuran Setelah Puluhan Tahun Impikan Jalan Aspal, Kini Terkabul

BONDOWOSO, IndonesiaPos  – Warga Desa Tegaljati Kecamatan Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso, patut berbangga dan bersyukur. Setelah puluhan tahun menunggu jalan sepanjang 4 km yang menghubungkan dusun Bata dengan Sengonan kini mulus karena diaspal.

Karena impiannya itu tercapai, seluruh warga dusun Sengonan menggelar acara syukuran, yang diawali dengan pawai yang diiringi dengan drum band dan berbagai macam kesenian lokal. Selanjutnya pada malam harinya diisi dengan acara pengajian dan sholawatan yang diiringi hadrah sebagai tanda rasa syukur.

Acara puncak pada malam syukuran itu, Kepala Desa Tegaljati, Syasiadi mengundang KH Zakaria Mochtar untuk memberikan tausyiah, Anggota Fraksi PDI Perjuangan dari Dapil III, Andi Hermanto, Camat Sumber Wringin, Wisnu Hartono, Kapolsek AKP Yunar Yanto, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda.

Selalin itu, turut hadir ketua Ikatan Wanita Perjuangan, Hj Nurul Fadilah bersama anggotanya, Ibu Kepala Desa dan ratusan warga tumplek blek di area persawahan milik warga setempat. Sabtu malam, (28/1/2023)

Kepala Desa Tegaljati, Syamsiadi, mengaku senang dan bersyukur, karena impian warganya untuk mendapatkan yang layak sudah tercapai, dan sebagai rasa senang, pihaknya bersama warga menggelar acara syukuran.

“Sebagai rasa syukur kami bersama seluruh warga desa Tegaljati, sengaja malam ini kita adakan acara tasyakuran. Dan acara ini murni diinisiasi warga, karena sudah memiliki jalan aspal,”ujar Kades Syamsiadi.

Dan tak kalah penting, kata Kades, seluruh biaya untuk penyelenggaraan acara yang meriah ini murni dari warga. Namun, kades juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota FPDIP DPRD Bondowoso, Andi Hermanto yang telah memperjuangkan aspirasi warganya untuk memiliki jalan yanga bagus, sehingga tahun ini bisa dinikmati oleh warga.

Puluhan tahun warga kami menunggu jalan ini untuk diaspal, kini sudah bisa dinikmati. Ini pula berkat perjuangan pak Andi Hermanto yang mengawal usulan kami ditingkat Kabupaten. Oleh karena itu, kami atasnama rakyat desa Tegaljati, menyampaikan terimakasih. Kami sangat bangga punya wakil rakyat yang betul-betul mampu memperjuangkan aspirasi rakyat, karena aspirasi itu tidak hanya ditampung, tapi dibuktikan oleh Pak Andi,”tegasnya.

BACA JUGA :

Sementara itu, Camat Sumber Wringin, Wisnu Hartono yang hadir bersama Kapolsek  AKP Yunar Yanto, juga ikut bersyukur karena bisa hadir pada acara tasyakuran ini.

“Saya hanya berpesan kepada warga, agar menjaga dan merawat jalan yang sudah dibangun ini, sehingga tetap awet. Karena akses  transportasi sudah lancar, dan semoga ekonomi masyarakat lebih meningkat,”kata mantan Sekcam Pujer ini.

“Saya juga mengajak warga untuk tetap berperan aktif menjaga lingkungan dari gangguan keamanan. Tetap rukun, agar kondisifitas di wilayah kecamatan Sumber Wringin aman dan damai,”kata Wisnu menambahkan.

Ditempat yang sama, Anggota FPDIP DPRD Bondowoso, Andi Hermanto mengaku senang, karena bisa hadir pada acara tasyakuran ini. Sebab, meskipun dalam kondisi hujan, ratusan warga yang hadir tatap tidak beranjak.

“Kita patut bersyukur kepada Allah SWT, karena impian warga desa Tegaljati ini dikabulkan oleh Sang Pencipta alam semesta,”kata Ketua Komisi II DPRD Bondowoso ini.

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengajak masyarakat agar menjaga dan merawat jalan itu. Sebab, menurut Andi, tidak mungkin pembangunan jalan itu bisa dilaksanakan setiap tahun. Apalagi APBD Bondowoso sangat minim.

“Sebetulnya, jalan ini akan dibangun pada tahun 2020, bersama dengan pembangunan jembatan di dusun Dhede’en. Tapi karena ada wabah corona, maka anggaran yang sudah disediakan sebesar Rp6,5 miliar itu dipangkas untuk biaya penanggulangan Covid-19,”tegasnya.

Andi berjanji akan terus memperjuangkan aspirasi warga yang membutuhkan program dari pemerintah daerah, provinsi dan pusat, jika pada tahun 2024 terpilih lagi untuk menjadi wakil rakyat.

“Saya sudah membuktikan kepada warga, kini jalan aspal yang diimpikan sudah dinikmati. Tapi pesan saya, tolong dijaga dan dirawat jalan ini, jangan sampai ada rumput dipinggir aspal itu, karena ketika hujan saluran air  akan tertutup dan menggenang dijalan,”pesannya.

Selanjutnya, acara tersebut diisi dengan tausyiah oleh KH Zakaria Mochtar, dan kemudian diteruskan dengan Sholawatan dan ditutup dengan doa bersama.

BERITA TERKINI