<

Dinsos Jember Tindaklanjuti Penemuan Bayi Di Desa Karangduren

JEMBER, IndonesiaPos

Warga desa Karangduren kecamatan Balung di kejutkan dengan penemuan seorang bayi berjenis laki-laki di depan rumah Fina warga dusun kerajan 1 desa karangduren., Jumat (9/6/2023). Saat ditemukan  bayi terbungkus sarung dan tas kresek warna hitam.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun media menyebutkan Pada hari Jum’at tanggal 9 bulan Juni 2023 sekitar pukul 23.00 WIB, Fina menemukan bayi tersebut di depan rumahnya, di Dusun Krajan 1 Desa Karangduren Kecamatan Balung  dalam kondisi  terbungkus sarung dan tas kresek hitam yang berisi plasenta.

Melihat bayi tersebut, Fina langsung membawa masuk bayi tersebut untuk di rawat. Baru kemudian pada hari Sabtu, (10/06/2023), Fina menceritakan penemuan bayi tersebut kepada tetangganya, dan tetangga tersebut melaporkan penemuan bayi kepada Kasun Karangduren yang kemudian bayi tersebut di antarkan ke PKM Karangduren untuk dilakukan perawatan lebih lanjut.

Menyikapi penemuan bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut , Kepala Dinas Sosial Kebupaten Jember, A.Helmi langsung turun kelapangan.

“Kita turunkan tim bidang PMKS Anak dan Yatim Piatu untuk berkoordinasi dengan Petugas polsek balung dan Bidan Puskesmas Karangduren,”ujarnya.

Hasilnya, dari keterangan yang disampaikan oleh Bidan puskesmas karangduren menyatakan kondisi medis bayi tersebut dalam keadaan sehat dengan Panjang : 52 cm  BB 3000 gr, LK 33 cm.

BACA JUGA :

“Dinas Sosial juga sudah berkoordinasi dengan pihak Kantor Desa Karangduren, Kasie Kesra Kecamatan Balung terkait berkas administrasi Berita Acara Penemuan Bayi tersebut,”katanya.

Ini dilakukan sebagai persyaratan untuk merujuk bayi ketika kondisi bayi sudah sehat atau memungkinkan untuk dirujuk ke PSAB Sidoarjo.

“Untuk memastikan kondisi bayi, kami merujuk bayi ke R.S Soebandi untuk mendapatkan observasi dan perawatan,”tambahnya .

Rencananya pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak UPT PSAB Sidoarjo terkait penemuan bayi dan mempersiapkan proses rujukan ke UPT PSAB Sidoarjo. (Kik)

BERITA TERKINI